Dukung Program Germas, Pemkab Batang Wajibkan Puskesmas Lakukan Jemput Bola

Untuk mendukung program nasional tersebut, Pemerintah Kabupaten Batang mewajibkan setiap puskesmas aktif melakukan jemput bola

Dukung Program Germas, Pemkab Batang Wajibkan Puskesmas Lakukan Jemput Bola
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Puskesmas Gringsing melakukan jemput bola sosialisasi dan cek kesehatan gratis di Jalan Veteran Batang. 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Kementerian Kesehatan RI secara khusus telah mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Hal itu tak lain untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakan yang lebih baik.

Untuk mendukung program nasional tersebut, Pemerintah Kabupaten Batang mewajibkan setiap puskesmas aktif melakukan jemput bola hingga ke pelosok desa atau pun melakikan sosialisasinke tempat ramai seperti Car Freeday, Pasar, bahkan hingga ke sekolah dan Pondok Pesantren.

"Ini wujud keberpihakan Pemda kepada masyarakat yang mana gerakan yang harus serius kita tindak lanjuti, dengan target yag harus terpenuhi dalam arti semua masyarakat batang bisa hidup sehat, tentu semua juga harus bisa bersinergi karena ini gerakan yang sistematis," tutur Bupati Batang Wihaji kepada Tribunjateng.com.

Sementara untuk mewujudkan program Germas, melalui Dinas Kesehatan juga gencar melakukan jemput bola sosialisasi mencegah dan mengendalikan penyakit tidak menular satu di antaranya dari Puskesmas Gringsing.

"Kami rutin melakukan sosialisasi sekaligus pengobatan gratis berbagai macam penyakit tidak menular, dan setiap sosialisasi kami menerjunkan belasan petugas kesehatan," tutur Kepala Puskesmas Gringsing, Ratna Westri Erika.

Menurutnya, setiap sosialisasi yang digelar oleh Dinkes Batang selalu mendapatkan tanggapan positif.

"Alhamdulillah tiap ada sosialisasi tanggapan masyarakat selalu positif, banyak warga yang menyemoatkab untuk mengecek kesehatan sekaligus konsultasi kepada dokter," ujarnya.

Ratna menambahkan, untuk hidup sehat maka masyarakat harus melakukan upaya seperti olahraga, konsumsi buah dan sayur, menghindari rokok, alkohol, rajin bersih-bersih lingkungan serta cek kesehatan secara rutin. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved