Habaib dan Kiai Dalam Jaya Nusa Jateng Gelar Maklumat, Siap Lawan Ideologi Anti-Pancasila

Habaib, para kiai dari berbagai daerah di Nusantara, dan ribuan orang melantunkan salawat nabi dalam maklumat Jamaah Yasin Nusantara (Jaya Nusa)

Habaib dan Kiai Dalam Jaya Nusa Jateng Gelar Maklumat, Siap Lawan Ideologi Anti-Pancasila
ISTIMEWA
Ketua Umum Jaya Nusa, KH Idham Cholid, memberikan sambutan dalam maklumat Jaya Nusa Jateng, di Wonosobo, Selasa (16/7/2019) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO - ‎Habaib, para kiai dari berbagai daerah di Nusantara, dan ribuan orang lainnya melantunkan salawat nabi dalam maklumat Jamaah Yasin Nusantara (Jaya Nusa) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), di Gerbang Wisata Mandala, Kabupaten Wonosobo, Selasa (16/7/2019) malam.

Lantunan salawat dipimpin oleh Habib Hadad Alwi Assegaf atau lebih dikenal dengan nama Hadad Alwi.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Jaya Nusa, Idham Cholid, mengatakan secara resmi perkumpulan ini didirikan pada 3 April 2019 / 27 Rajab 1440 Hijriyah, bertepatan dengan peringatan Isra Miraj.

Kendati demikian, ia menegaskan tradisi yasinan dan tahlil, yang merupakan amaliyah kaum Nahdliyin sudah ada sejak‎ lama.

"Itu tradisi yang dikembangkan ulama Nusantara sejak dahulu, yang harus terus kita rawat‎ dan jaga," kata Idham, dalam sambutannya.

Di samping itu, bagi jamaah yasin nusantara, urusan Islam dan ideologi, terutama terkait eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang berlandaskan Pancasila dan UUD '45.

"Bagi kita, urusan Islam dan ideologi sudah selesai. Biarkan mereka ngomong soal khilafah dan ganti sistem kenegaraan, itu semua yang akan kita lawan," tegas Idham.

Menurut dia, keutuhan NKRI merupakan mandat dan amanat ulama, yang telah turut berjuang dalam merebut dan mempertankan kemederdaakn Indonesia.

Pun, ulama terdahulu juga telah sepakat un‎tuk menampilkan Islam dengan wajah yang rahmatan lil 'alamin.

‎Terlebih, saat ini bagian yang tak terpisahkan dari jamaah yasin dan warga Nahdlatul Ulama (NU), KH Ma'ruf Amin, menjadi orang nomor dua di Indonesia. ‎

Halaman
12
Penulis: yayan isro roziki
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved