Lantik Dua Kades, Bupati Demak: Pegang Teguh Ing Ngarsa Sung Tuladha

Bupati Demak, M Natsir melantik dan mengambil sumpah jabatan dua Kepala Desa (Kepdes) di Pendopo Kabupaten Demak, Rabu (17/7/2019).

Lantik Dua Kades, Bupati Demak: Pegang Teguh Ing Ngarsa Sung Tuladha
Humas Pemkab Demak
Bupati Demak, M Natsir melantik dan mengambil sumpah jabatan dua Kepala Desa (Kades) di Pendopo Kabupaten Demak, Rabu (17/7/2019)   

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Bupati Demak, M Natsir melantik dan mengambil sumpah jabatan dua Kepala Desa (Kades) di Pendopo Kabupaten Demak, Rabu (17/7/2019).

Dua Kades masa jabatan 2019-2022 tersebut dari Desa Undaan Kidul Kecamatan Karanganyar, Farchan, dan Kades Jleper Kecamatan Mijen, Nunung Astutik.

"Jadikan momen ini sebagai langkah awal pengabdian saudara untuk mendarmabaktikan diri bagi kesejahteraan masyarakat. Sumpah yang saudara ucapkan pun bukan sekadar kalimat atas nama Allah, namun mengandung konsekuensi tinggi bila tidak dilaksanakan," kata Natsir.

Ia berpesan untuk segera menyesuaikan diri terhadap tugas dan kewajiban yang harus saudara laksanakan.

Bupati juga mengimbau untuk menjadi pemimpin yang bijak.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar merangkul seluruh masyarakat, lantaran posisi kades merupakan tetua atau yang dituakan di desa.

"Sebagai pelayan masyarakat, kepala desa juga harus dapat menjadi sosok pemimpin yang mampu memegang teguh prinsip Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso dan Tut Wuri Handayani. Sosok  kepala desa harus mampu memberikan suri tauladan serta contoh yang baik kepada masyarakat dan memiliki moral yang baik," terangnya.

Natsir juga mengajak untuk meningkatkan kebersamaan antara masyarakat. Misalnya ada hal-hal yang berpotensi memicu perpecahan di masyarakat, Kepdes harus bisa memposisikan diri menjadi mediator yang baik.

Ia pun mengingatkan pentingnya koordinasi dengan pihak kecamatan maupun pemerintah kabupaten, terutama dalam menyelesaikan permasalahan.

"Mari kita wujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang aman, damai, dan demokratis. Demak Hebat Demak Bermartabat," katanya.

Halaman
12
Penulis: Moch Saifudin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved