Penerapan Sistem Zonasi PPDB Disambut Baik Guru dan Murid

"Artinya kontrol terhadap anak lebih mudah karena dekat. Dia bisa berangkat sekolah dengan teman-temannya yang juga rumahnya dekat," urai dia.

Penerapan Sistem Zonasi PPDB Disambut Baik Guru dan Murid
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Suasana tahapan verifikasi berkas peserta PPDB tingkat SMA di SMA Negeri 1 Karanganyar, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang menggunakan sistem zonasi yang dicetuskan pemerintah, mendapatkan apresiasi dari dari warga masyarakar hingga tenaga pengajar.

Mereka beranggapan sistem zonasi membuat seleksi penerimaan lebih adil dan merata.
Wiharto, Kepala SMAN 3 Semarang Jawa Tengah mengungkapkan proses PPDB di tahun inu berlangsung lancar dan aman. Artinya tidak ada protes berlebih dari masyarakat dan pendaftar.

"Mulai proses pengambilan token, verifikasi data, pendaftaran online semuanya lancar," katanya, Rabu (17/7/2019).

Proses sosialisasi menurutnya juga sudah dilakukan jauh jauh hari. Pria yang juga menjabat Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMA Kota Semarang menjelaskan, sosialisasi melibatkan semua unsur yang berkecimpung di dunia pendidikan.

Mulai dari guru, kepala sekolah, hingga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng bahu-membahu agar proses PPDB menggunakan sistem zonasi berlangsung lancar.

"Sosialisasi ke SMP-SMP yang ada, lalu juga di lapisan masyarakat bawah kita masuki. Lalu lewat media massa dan media sosial," imbuhnya.

Menurutnya tak ada protes berlebihan dari masyarakat dan para pendaftar. Hanya ada sedikit catatan minor, yakni terkait beberapa masyarakat yang masih kurang memahami langkah-langkah pendaftaran menggunakan sistem zonasi.

Mereka yang kurang paham, langsung diajari oleh staf-staf di masing-masing sekolah yang memang disiapkan untuk membantu para pendaftar.

Langkah persuasif itu menurut Wiharto dapat membantu kelancaran PPDB tahun 2019.

"Proses tidak jauh beda dari sebelumnya. Banyak orangtua mengurus jauh-jauh hari sebelumnya, dengan persyaratan yang sudah ditentukan seperti perpindahan KK, surat domisili," terang Wiharto.

Halaman
123
Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved