Unika Pastikan Lolos ke Putaran Nasional Liga Mahasiswa (LIMA) setelah Juara Regional Jateng-DIY

Berstatus tuan rumah, tim basket putri Universitas Katolik Soegijapranata (Unika Soegijapranata) berhasil menjadi juara Liga Mahasiswa (LIMA)

Unika Pastikan Lolos ke Putaran Nasional Liga Mahasiswa (LIMA) setelah Juara Regional Jateng-DIY
Istimewa
Pebasket putri Universitas Soegijapranata 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Berstatus tuan rumah, tim basket putri Universitas Katolik Soegijapranata (Unika Soegijapranata) berhasil menjadi juara Liga Mahasiswa (LIMA) Basketball: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 7 setelah menyingkirkan juara tahun lalu, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dalam partai final yang digelar di Sport Hall Unika pada Selasa (16/7/2019) sore.

Sejak awal laga, Udinus sufah tertinggal cukup jauh dari tuan rumah di lima menit pertama.

Di lima menit selanjutnya, mereka mencoba mengejar dan mempersempit jarak poin hingga skor 12-16.

Kuarter kedua masih dikuasai oleh Unika Soegijapranata. Tim tuan rumah menutup kuarter di skor 26-23. Selisin poin semakin jauh di putaran selanjutnya.

Sang tuan rumah menutup kuarter ketiga dulu dengan keunggulan 44-38, sebelum akhirnya mengakhiri laga di skor 57-47.

Eda Juliana menjadi salah satu pencetak skor terbesar. Ia menyumbang 14 poin untuk Unika Soegijapranata dengan efisiensi 26.

Eda juga melakukan rebound 15 kali dengan sembilan kali offensive rebound dan enam kali defensive rebound,

pebasket putri Universitas Soegijapranata
pebasket putri Universitas Soegijapranata (Istimewa)

Dengan hasil tersebut, Unika Soegijapranata berhasil menjadi juara baru di LIMA Basketball: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 7.

Di musim sebelumnya, juara diraih Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Mereka akan melaju ke LIMA Basketball: Nationals Season 7 yang akan diselenggarakan pada 4-11 Agustus di Jakarta.

“Saya senang sekali. Selama empat tahun melatih di Unika, ini pertama kalinya mendapat juara di Liga Mahasiswa. Dari tahun ke tahun, mereka mengalami peningkatan, baik secara individu maupun tim. Saya akan mempelajari tim-tim yang ada di Nationals, agar lebih siap menghadapinya," ucap Rudy Kurniawan, pelatih Unika Soegijapranata.

Aksi para pebasket putri Universitas Soegijapranata (Unika) dan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dalam laga final Liga Mahasiswa (LIMA) Basketball: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 7
Aksi para pebasket putri Universitas Soegijapranata (Unika) dan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dalam laga final Liga Mahasiswa (LIMA) Basketball: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 7 (Istimewa)

Sementara itu, pelatih Udinus, Yan Novi Indiarti mengaku bahwa dengan komposisi pemain baru ini prestasi yang diraih sudah cukup bagus. "Para pemain sudah bermain maksimal di pertandingan ini. Mungkin karena faktor fisik dan pengalaman kami bisa kalah. Dengan tim baru ini, kami memulai dari awal lagi. Akan tetapi, prestasi mereka sampai saat ini sudah cukup bagus,” ucap Novi.

Baik Unika maupun Udinus berhak maju ke putaran nasional Liga Mahasiswa (LIMA) basket putri mewakili tim dari Jawa Tengah dan Yogyakarta yang rencananya bakal digelar di Jakarta, pada 4 hingga 11 Agustus mendatang. (*)

Penulis: Franciskus Ariel Setiaputra
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved