Bupati Haryanto: Cara Kerja Senkom Jangan Melebihi Kewenangan Polri, Cukup Sebagai Mitra

Bupati Pati Haryanto mengimbau Senkom (Sentra Komunikasi) Mitra Polri Kabupaten Pati untuk berpedoman pada tugas pokok dan fungsinya.

Bupati Haryanto: Cara Kerja Senkom Jangan Melebihi Kewenangan Polri, Cukup Sebagai Mitra
TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Bupati Pati Haryanto membuka Workshop Penguatan Kelembagaan Senkom Mitra Polri Kabupaten Pati di Aula Pertemuan Sekretariat Senkom Desa Mustokoharjo, Kecamatan Pati, Kamis (18/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati Haryanto mengimbau Senkom (Sentra Komunikasi) Mitra Polri Kabupaten Pati untuk berpedoman pada tugas pokok dan fungsinya.

Hal ini dimaksudkan agar senkom tidak melebihi kewenangan aparat penegak hukum.

Hal itu disampaikannya ketika membuka Workshop Penguatan Kelembagaan Senkom Mitra Polri Kabupaten Pati di Aula Pertemuan Sekretariat Senkom Desa Mustokoharjo, Kecamatan Pati, Kamis (18/7/2019).

Bagi Haryanto, Senkom Mitra Polri memang telah banyak membantu pemerintah.

Karena itu, digelarnya workshop tersebut memang diperlukan untuk memperkuat kelembagaan Senkom Mitra Polri di Kabupaten Pati.

Haryanto juga mengimbau para peserta agar tidak sekadar hadir tanpa tahu apa tujuan dan kegunaan workshop.

"Workshop atau pelatihan semacam ini bertujuan agar punya bekal dan arah. Jangan sampai nanti punya organisasi yang solid tapi tidak tahu fungsinya," ujarnya.

Yang terpenting, lanjutnya, jangan sampai melebihi kewenangan aparat penegak hukum.

"Jangan berbuat di luar tugas atau wewenang Senkom. Sebab, jika satu orang saja membuat kesalahan atau persoalan, akan mencemari seluruhnya. Ibarat nila setitik merusak susu sebelanga," tutur Haryanto.

Haryanto juga berharap peran serta Senkom semakin meningkat dalam menambah kekuatan keamanan.

Sementara itu, Moh Husen selaku ketua panitia menambahkan, workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum dan Kamtibmas, serta untuk mewujudkan partisipasi tentang pentingnya sinergi antara masyarakat dan Senkom Mitra Polri.

Selain itu, menurut Husen, workshop ini merupakan pertemuan penting guna mendapatkan informasi dan materi mengenai peran dan fungsi Kamtibmas di masyarakat melalui arahan Bupati Pati dan pencerahan dari para narasumber dari Polres, Kodim, Kesbangpol, dan BPBD. (Mazka Hauzan Naufal)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved