Kabinet Jokowi : Beredar Isu Kabinet Berisi Parpol dan Profesional 50:50

Kabar tentang siapa saja yang akan jadi menteri di kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, masih jadi perbincangan

Kabinet Jokowi : Beredar Isu Kabinet Berisi Parpol dan Profesional 50:50
ISTIMEWA
Pidato Presiden Terpilih Jokowi 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Kabar tentang siapa saja yang akan jadi menteri di kabinet jokowi  masih jadi perbincangan. Sejumlah nama, baik tokoh muda maupun senior bermunculan dan terus dikaitkan akan duduk di kabinet Jokowi.

Bahkan tak sedikit, tokoh senior tersebut merupakan para menteri yang saat ini masih duduk di Kabinet Kerja. Menurut sebagian pihak, sejumlah menteri yang ada saat ini layak dipertahankan karena kinerja mereka bagus.

Presiden terpilih Jokowi mengaku telah mengantongi sejumah nama yang akan mengisi kabinet di pemerintahannya. "Sudah, sudah," kata Jokowi saat ditanya wartawan di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Menurut Jokowi, kabinet baru nantinya akan turut mengakomodasi nama-nama yang disodorkan partai politik pengusung. Ia sudah mempersilakan parpol untuk mengusulkan sebanyak-banyaknya nama calon menteri.

"Ya enggak apa-apa, mau minta 10, mau minta 11, mau minta sembilan, kan enggak apa-apa, wong minta saja," kata dia.

Selain dari parpol, ia juga memastikan akan ada menteri dari kalangan profesional. Dikutip dari Kompas.com, jumlahnya tidak akan jauh berbeda dengan menteri dari kalangan parpol.

"Ya kira kira 60:40, atau 50:50, kira-kira itu," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Selain itu, menurut Jokowi, banyak juga menteri dari Kabinet Kerja saat ini yang akan tetap membantunya untuk pemerintahan mendatang. Lantas, siapa saja sosok menteri di Kabinet Kerja I yang layak dipertahankan Jokowi untuk lima tahun mendatang?

Berikut Tribunnews.com merangkum sembilan di antaranya.

1. Basuki Hadimuljono

Halaman
1234
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved