Tim Renang Indonesia Optimis Meraih 12 Medali Emas di Asean School Games 2019

Tim renang pelajar Indonesia optimis meraih minimal 12 medali emas yang ditargetkan di ajang ASEAN School Games (ASG) XI 2019.

Tim Renang Indonesia Optimis Meraih 12 Medali Emas di Asean School Games 2019
TRIBUN JATENG/HESTY IMANIAR
Tim renang Indonesia saat berlatih jelang ASEAN School Games (ASG) XI 2019. 

TRIBUNJATENG.COM - Tim renang pelajar Indonesia optimis meraih minimal 12 medali emas yang ditargetkan di ajang ASEAN School Games (ASG) XI 2019.

Rasa optimis ini ditunjukan tim Indonesia, meski tak turun dengan kekuatan penuh karena perenang andalannya Azahra Permata harus mengikuti kejuaraan dunia junior.

"Para perenang Thailand menjadi pesaing paling kuat bagi Indonesia pada ajang ASEAN Schools Games (ASG) XI 2019 ini. Meski Azahra absen, kami tetap optimis menjadi cabang tumpuan Indonesia pada ajang multicabang pelajar tahunan di Asia Tenggara ini, meski potensi emas kita berkurang," kata Pelatih Kepala Timnas Renang ASG Indonesia, Demi Wardeni, Kamis (18/7/2019).

Ia mengaku, bahwa belum mengetahui secara utuh kekuatan perenang negara lain termasuk Thailand dan Malaysia yang dinilai kuat. Dia hanya meraba-raba dari dari data base catatan waktu yang dipunyai.

Hadapi Timnas Indonesia dan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Thailand Tunjuk Pelatih Jepang

Jamu Persib Bandung di Liga 1 2019, PSIS Semarang Khawatirkan Faktor Ini

Bahkan, dia menilai belum menggambarkan kekuatan sebenarnya. Emas diantaranya diharapkan dari 400 meter gaya bebas putra, 50 meter gaya dada putra/putri, dan 100 meter gaya dada putra/putri.

''Yang kami tahu, Thailnad turun dengan kekuatan penuh atau perenang terbaiknya. Sedangkan Malaysia menerjunkan beberapa perenang pelapisnya. Momentum tuan rumah harus bisa dimaksimalkan guna meraih hasil yang terbaik. Dukungan dari masyarakat akan sangat membantu semangat perenang saat berlomba,'' tandasnya, yang menyebutkan Menpora menargetkan 14 medali emas untuk cabor renang.

Di sisi lain, pelatih renang Thailand, Athipong Suepsakunsunthon mengakui, bahwa, Indonesia lebih punya peluang. Selain faktor tuan rumah, perenang Tim Garuda cukup bagus.

''Kami realistis saja menargetkan 8 hingga 10 emas. Indonesia punya perenang bagus dan kami akan berusaha keras,'' tandas Athipong.

Salah satu perenang Negeri Gajah Putih, Kamonchanok Kwanmuang yang turun di nomor 1.500 meter itu mengaku, cuaca cukup panas di Kota Semarang. Selain itu, dia juga harus menyesuaikan dengan kolam renang di luar ruangan.

''Kami banyak berlatih di kolam dalam ruangan. Cukup silau, tapi tak masalah. Kami bisa menyesuaikan dengan baik. Sebab tak terlalu berbeda cuaca di Thailand dengan Semarang, Indonesia," tukasnya. (hei)

Penulis: hesty imaniar
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved