Desa Tunggulsari Kabupaten Pati Terpilih Sebagai Finalis Lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi

Di antara sekian banyak keunggulan yang ditawarkan Wisata Mina Mangrove, lanjut Bupati, satu di antaranya ialah edukasi budidaya nila salin

Tribunjateng.com/Mazka Hauzan Naufal
Bupati Pati Haryanto (kiri) bersama Kepala Desa Tunggulsari Jarot Supriyanto 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Desanya terpilih sebagai finalis lomba desa wisata tingkat Provinsi Jawa Tengah, Kepala Desa Tunggulsari Jarot Supriyanto beserta jajarannya dan pengelola Wisata Mina Mangrove berkunjung ke Pendopo Kabupaten Pati, Jumat (19/7/2019).

Tujuannya ialah bersilaturahim sekaligus meminta doa restu, arahan, dan dukungan dari Bupati Pati Haryanto.

Haryanto menyambut baik kedatangan mereka. Ia mengingatkan, lomba desa wisata berbeda dari kompetisi di bidang olahraga.

"Sebab, aspek-aspek yang dinilai ada banyak item. Mulai dari konsep, kekompakan, hingga semangat pengelola dalam mengeksplorasi potensi desa," terangnya.

Di antara sekian banyak keunggulan yang ditawarkan Wisata Mina Mangrove, lanjut Bupati, satu di antaranya ialah edukasi budidaya nila salin.

Menurut Haryanto, hal ini cocok, sebab Desa Tunggulsari Kecamatan Tayu merupakan desa yang tengah mengembangkan budidaya nila salin.

Haryanto menyebut, dalam kompleks Wisata Mina Mangrove juga terdapat pantai.

"Pantai Mina Mangrove ini bagus. Sebab saat ini banyak orang yang berlomba-lomba melakukan penghijauan di wilayah pantai. Itu nanti disampaikan juga, apakah mangrovenya hanya sebagai penahan ombak, atau sudah benar-benar berfungsi sebagai bagian dari wisata? Apakah sudah bernilai ekonomis apa belum? Itu jangan lupa disampaikan," imbaunya.

Sebagaimana Desa Talun Kecamatan Kayen yang telah mendapat SK tentang desa wisata, lanjut Haryanto, apabila nanti Desa Tunggulsari mendapat juara, jangan sampai berhenti di situ saja.

"Saya hanya bisa mendukung dan merestui. Semoga menang dan mendapat juara. Ada dana desa itu digunakan untuk pengembangan. Banyak spot selfie, apalagi di dekat pantai, pasti banyak orang suka," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved