Perda Gratis Masuk Objek Wisata Jepara Sudah Dinanti, Pemkab Harap Disetujui Kemendagri

Pemkab Jepara mengejar agar Perda yang nantinya akan jadi landasan penggratisan masuk objek wisata di Kabupaten Jepara dapat segera tuntas.

Perda Gratis Masuk Objek Wisata Jepara Sudah Dinanti, Pemkab Harap Disetujui Kemendagri
Istimewa
Wisatawan menikmati suasana di bukit Karimunjawa Inn, Kecamatan Karimunjawa, Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Pemkab Jepara mengejar agar peraturan daerah (Perda) yang nantinya akan jadi landasan penggratisan masuk objek wisata di Kabupaten Jepara dapat segera tuntas.

Saat ini, rancangannya sudah sampai di Kemendagri RI setelah sebelumnya dikoreksi Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara, Zamroni Lestiaza mengatakan, landasan regulasi berupa Perda penggratisan masuk objek wisata Kabupaten Jepara sudah ditunggu masyarakat.

Namun, sampai saat ini tak kunjung diundangkan.

“Ini sudah ditunggu masyarakat. Kalau belum diundangkan, kami belum bisa menggratiskan. Padahal dalam Perda, evaluasi dari Kemendagri itu mutlak,” kata Zamroni, Jumat (19/7/2019).

Rencananya, kata Zamroni, pihaknya akan segera bertandang ke Kemendagri RI untuk memastikan progres evaluasi rancangan Perda.

Sebab, sudah sejak Juni 2019, rancangan tersebut telah dilimpahkan ke Kemendagri setelah melewati proses koreksi di Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Dalam kunjungannya ke Kemendagri, kata dia, berharap agar segera menyetujui rancangan tersebut.

Kemudian, Pemkab Jepara bisa segera mengundangkan rancangan dalam bentuk peraturan mengikat.

Sehingga, masyarakat bisa menikmati objek wisata Pemkab Jepara secara cuma-cuma.

“Kami sudah sering debat dengan pengunjung terkait peraturan masuk objek wisata gratis. Warga sudah mengira gratis,” katanya.

Dalam hal ini, DPRD Kabupaten Jepara telah menyetujui penggratisan retribusi masuk ke objek wisata pada Mei 2019.

Persetujuan diberikan dalam penetapan Perda tentang Perubahan Kedua atas Perda Nomor 26 Tahun 2010 tentang Retribusi Tempat Rekreasi. (Rifqi Gozali)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved