Setiap Orang Berisiko Terserang Stroke, Meski Awalnya Tak Tunjukkan Gejala Tetap Picu Kepikunan

Meski dikenal sebagai “stroke diam-diam” dan tidak menunjukkan gejala, namun stroke ini tetap dapat menyebabkan kerusakan permanen di otak.

Setiap Orang Berisiko Terserang Stroke, Meski Awalnya Tak Tunjukkan Gejala Tetap Picu Kepikunan
Freepik
Walau minim gejala, silent stroke bisa meningkatkan risiko demensia atau pikun. 

TRIBUNJATENG.COM - Stroke adalah kondisi dimana pasokan darah ke satu bagian otak berhenti tiba-tiba.

Beberapa orang memiliki stroke tanpa pernah menyadarinya.

Kondisi ini disebut silent stroke dan terjadi baik jika stroke tidak memiliki gejala yang bisa dikenali, maupun jika memiliki gejala namun tidak ingat.

Meski dikenal sebagai “stroke diam-diam” dan tidak menunjukkan gejala, namun stroke ini tetap dapat menyebabkan kerusakan permanen di otak karena meningkatkan risiko demensia alias pikun.

Dokter spesialis saraf dari RS Pusat Otak Nasional (RS PON), dr Silvia Francina Lumempoew, menyebut ada tiga fase gejala silent stroke yang harus diperhatikan.

Berawal dari gejala normal, kemudian muncul gangguan kognitif ringan dan demensia.

"Ketika stroke masih ringan, tidak ada gejala. Ketika sudah agak parah mulai ada gejala seperti sulit berkonsentrasi, agak pelupa, emosi berubah, dan mudah tersinggung," katanya.

Ia juga menambahkan, ketika stroke semakin parah, akan timbul gejala demensia atau pikun yang disebut demensia vascular.

"Muncul gejala demensia seperti sering lupa, sulit memberi keputusan, tidak bijaksana lagi, emosi labil mudah sedih, dan menangis atau tertawa tanpa sebab," kata dr Silvia.

Selain terganggu kognitifnya, tanda seseorang mengalami demensia juga dapat dilihat dari kondisi fisiknya.

"Buang air kecil tidak terkontrol, belum sampai ke toilet sudah ngompol, sering jatuh, keseimbangan terganggu," tambahnya. (*)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di health.grid.id berjudul "Belum Banyak Diketahui, Silent Stroke Minim Gejala Tapi Picu Demensia"

Editor: deni setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved