7 Ruas Jalan Tol Baru Akan Dilelang, 3 Proyek Berada di Jawa Tengah

Tujuh ruas jalan tol baru dengan total nilai investasi senilai Rp 151,13 triliun akan dilelang.

7 Ruas Jalan Tol Baru Akan Dilelang, 3 Proyek Berada di Jawa Tengah
Suasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017). Ruas tol ini akan dibuka secara fungsional pada H-7 hingga H+7 Lebaran.(KOMPAS.com/ RODERICK ADRIAN MOZES) 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Tujuh ruas jalan tol baru dengan total nilai investasi senilai Rp 151,13 triliun akan dilelang.

Rencana lelang tujuh ruas jalan tol baru itu diungkap oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Danang Parikesit, Kepala BPJT, mengatakan, saat ini BPJT sedang memproses tender satu ruas baru untuk pembangunan Jalan Tol Balikpapan–Penajam Paser Utara sepanjang 7,35 kilometer dengan nilai investasi sebesar Rp 15,53 triliun.

"Proyek ini merupakan proyek atas prakarsa badan usaha dengan hak menyamakan penawaran (right to match) pada PT Tol Teluk Balikpapan," kata Danang dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/7/2019).

Selain tol Balikpapan – Penajam Paser Utara, BPJT saat ini juga sedang menyiapkan pelelangan enam ruas jalan tol.

Keenam ruas jalan tol tersebut adalah:

1. Jalan Tol Semanan – Balaraja sepanjang 31,9 Km.

2. Jalan Tol Kamal – Teluk Naga – Rajeg sepanjang 38,6 Km.

3. Jalan Tol Akses Menuju Pelabuhan Patimban sepanjang 37,7 Km (masih ada evaluasi dua rute oleh pemrakarsa dan JICA).

4. Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap sepanjang 18,4 Km.

5. Jalan Tol Yogyakarta – Bawen sepanjang 77 Km.

6. Jalan Tol Solo – Yogyakarta – NYIA Kulon Progo sepanjang 91,93 Km (masih ada evaluasi rute oleh Kementerian PUPR dan Pemrakarsa).

"Dari keseluruhan pelaksanaan lelang, pembangunan jalan tol tersebut nantinya diprakarsai oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Untuk total keseluruhan nilai investasi enam ruas jalan tol tersebut yaitu sebesar Rp 135,6 triliun," kata Danang.

Pelelangan tujuh ruas jalan tol baru tersebut dalam rangka menyambungkan infrastruktur dengan Kawasan Ekonomi Khusus, Kawasan Pariwisata, Kawasan Industri serta meningkatkan investasi dan pembangunan di seluruh wilayah di Indonesia.(*)

Berita ini sudah diunggah di Kontan.co.id dengan judul BPJT akan melelang pembangunan tujuh ruas jalan tol baru tahun ini

Proyek Tol Bawen-Yogyakarta dan Tol Solo-Yogyakarta Dilelang Terpisah

Editor: m nur huda
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved