Dipukulnya Gong Oleh Bupati Tandai Dibukanya Pasar Rakyat dan Grebeg Besar di Demak

Pasar Rakyat dan Grebeg Besar dalam menyambut hari Raya Idul Adha tahun 1440 Hijiriyah, Kabupaten Demak resmi dibuka dengan tabuhan gong oleh Bupati

Dipukulnya Gong Oleh Bupati Tandai Dibukanya Pasar Rakyat dan Grebeg Besar di Demak
TRIBUN JATENG/MOCH SAIFUDIN
Bupati Demak memukul gong dan didampingi berbagai pimpinan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Demak di Pendopo Kabupaten Demak. 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK -  Pasar Rakyat dan Grebeg Besar dalam menyambut hari Raya Idul Adha tahun 1440 Hijiriyah, Kabupaten Demak resmi dibuka dengan tabuhan gong oleh Bupati Demak, M Natsir.

Natsir mengatakan, dibukanya Grebeg Besar, diharapkan masyarakat tahu bahwa pasar rakyat telah buka dan bisa dinikmati.

"Kalau dibuka seperti ini, masyarakat akan tahu bahwa Grebeg Besar yang menjadi tradisi satu tahun sekali Kabupaten Demak telah dibuka," jelasnya, Jumat (19/7/2019), malam.

Natsir mengatakan, Grebeg Besar dan Pasar Rakyat merupakan mempertahankan tradisi kebanggaan masyarakat Demak.

Selain itu ia menyebut, sebagai sarana menambah anggaran daerah.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, Tatik Rumiyati menjelaskan, Grebeg Besar merupakan kegiatan dalam melestarikan budaya yang diwarnai pasar rakyat yang terselenggara pada 19 Juli - 18 Agustus 2019.

Adapun prosesi iring-iringan tumpeng songo (sembilan) akan terselenggara pada Sabtu, 11 Agustus 2019.

"Kemudian dilanjutkan iring-iringan minyak jamas dan prajurit patang puluhan (empat puluhan) akan terselenggara pada Minggu, 11 Agustus 2019," terangnya.

Adapun pemilik CV Diana Ria sebagai pemenang lelang pasar rakyat, Muntohar mengatakan, setidaknya ada 50 stan hiburan dalam pesta rakyat tersebut.

Lanjutnya, diantaranya lima bianglala yang menjadi icon pesta rakyat, trapolin, rumah balon, bom-bom car, bola air, rumah hantu, dan lain lain.

Halaman
12
Penulis: Moch Saifudin
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved