Gus Eko: Suluk Bumi sebagai Budaya Silahturahmi Transfer Pengetahuan

Budaya Suluk Bumi Santri yang ke 11 sebagai budaya silahturahmi untuk transfer pengetahuan

Gus Eko: Suluk Bumi sebagai Budaya Silahturahmi Transfer Pengetahuan
Tribun JAteng/Dro
Sejumlah kesenian dari Kecamatan Siwalan membuka acara budaya Suluk Bumi Santri yang ke 11 di pendopo Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) NU Kabupaten Pekalongan Gus Eko Ahmadi mengatakan bahwa acara budaya Suluk Bumi Santri yang ke 11 sebagai budaya silahturahmi untuk transfer pengetahuan.

Hal tersebut diungkapkan, saat membuka acara budaya Suluk Bumi Santri yang ke 11 bertempat di Pendopo Kecamatan Siwalan di Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu (20/7/19).

Menurutnya, kegiatan ini sebagai budaya transfer knowledge dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

"Kita mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, pemerintah kecamatan, pemerintah desa, tokoh masyarakat serta penggiat kesenian dan kebudayaan, untuk terus bersama melestarikan budaya yang ada di Kecamatan Siwalan khususnya dan Nusantara pada umumnya," kata Gus Eko.

Gus Eko mengungkapkan dengan silaturahmi ini ada transfer pengetahuan, visi dan misi bersama. Diharapkan budaya dan seni yang ada di Kecamatan Siwalan bisa terus eksis dan berkembang.

"Selain itu, masyarakat dengan kearifan lokalnya bisa mempraktekkan prinsip Hubbul wathon minal iman melalui ekspresi seni dan budaya," ungkapnya.

Camat Kecamatan Siwalan Sugino dalam sambutannya mengatakan, dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi pergerakan Lesbumi.

Pihaknya juga meminta kepada seluruh jajaran Pemerintah, TNI, Polisi, dan masyarakat untuk bersinergi menjaga dan melestarikan budaya yang ada di Kecamatan Siwalan.

"Suluk Bumi Santri ini akan terus digelar dan menjadi agenda tahunan, maka tahun depan akan lebih meriah dan semarak demi cinta kita semua terhadap desa masing masing," tambahnya. (Dro)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved