BREAKING NEWS : BBPOM Semarang Gerebek Tempat Produksi Jamu Tradisional Berbahan Kimia Obat di Demak

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) Semarang grebek tempat produksi jamu tradisional mengandung Bahan Kimia Obat (BKO).

BREAKING NEWS : BBPOM Semarang Gerebek Tempat Produksi Jamu Tradisional Berbahan Kimia Obat di Demak
TRIBUN JATENG/MOCH SAIFUDIN
BPOM Semarang dan Ditreskrimsus Polda Jateng Gerebek Tempat Produksi Jamu tradisional berbahan kimia, di Desa Batursari, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang gerebek tempat produksi jamu tradisional mengandung Bahan Kimia Obat (BKO) di sebuah rumah beralamat Perumahan Permata Batursari Blok K4 no. 8, Desa Batursari, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak,Senin (22/7/2019).

Penggerebekan tersebut dilakukan BPOM Semarang bersama Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polisi Daerah Jawa Tengah (Ditreskrimsus Polda Jateng).

"Produknya berkemasan obat tradisional, namun setelah kami selidiki ternyata banyak mengandung obat kimia, dan bahkan campuran bahan tradisional tersebut hanya sebagai aroma tambahan," jelas Kepala BPOM Semarang, Safriansyah, 

Lanjutnya, obat tradisional tersebut didominasi jenis obat Asam Urat Flutula, Asam Urat Madu, Jinten Hitam, dan obat penambah stamina.

Ia menyebut dalam penemuan tersebut, terdapat bahan baku untuk 17 jenis bahan obat dan 3 produk yang siap untuk diedarkan.

"Modus dari operasi tersebut dengan membeli obat tradisional di pasaran, kemudian jamu tersebut digiling menjadi bubuk. Lalu dalam prosesnya, dicampurlah obat berbahan kimia untuk dikemas ulang dalam sebuah kapsul dan dipasarkan," jelasnya.

Lanjutnya, adapun keterangan yang diperoleh dari koordinator produksi obat tersebut, sudah beroperasi selama 2 tahun. Adapun wilayah operasinya di wilayah Jawa Tengah.

Adapun bahan obat tersebut seperti halnya, sildenafil, paracetamol, piroksikom, dexamethason, asam mefenamat.

"Bahan obat tersebut masih akan kami lakukan uji laboratorium. Menurut pengakuan pelaku, bahan baku tersebut didapatkan secara online. Ada beberapa jenis bahan baku obat yang menunjukkan indikasi dari obat dari luar negeri," terangnya.

Lanjutnya, di dalam rumah tersebut juga terdapat barang bukti lainnya, seperti halnya mesin pengemas, mesin giling, dan lainnya.

Halaman
12
Penulis: Moch Saifudin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved