Desa Wisata Adiluhur Kebumen Raih Juara 1 Gelar Desa Wisata 2019 Tingkat Jateng

Desa Wisata Adiluhur Kabupaten Kebumen meraih Juara 1 kategori pengelolaan desa wisata terbaik dalam acara Gelar Desa Wisata Jawa Tengah

Desa Wisata Adiluhur Kebumen Raih Juara 1 Gelar Desa Wisata 2019 Tingkat Jateng
ISTIMEWA
Pemberian hadiah pada peserta Gelar Desa Wisata 2019 oleh Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jateng Prambudi Traju Trisno, di Lapangan Garnisum Kalisari Semarang, Minggu (21/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Desa Wisata Adiluhur Kabupaten Kebumen meraih Juara 1 kategori pengelolaan desa wisata terbaik dalam acara Gelar Desa Wisata Jawa Tengah yang digelar di Lapangan Garnisum Kalisari Semarang, Sabtu-Minggu (20-21/7/2019).

Purbalingga yang menampilkan Desa Wisata Tanalum, menempati posisi kedua, disusul Klaten dengan desa wisata Jarum.

Menurut Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jateng Prambudi Traju Trisno, penilaian mencakup pengelolaan berupa kelembagaan, surat keputusan desa wisata, aparatur, pengelolaan objek wisata, kuliner, apresiasi terhadap seni dan budaya, serta penataan stan.

"Sebenarnya ini bukan kompetisi adu desa wisata. Para pengelola desa wisata termotivasi dan memiliki keinginan untuk lebih baik lagi," kata Prambudi, Senin (21/7/2019).

Ia mengungkapkan, para pemenang berhak mendapatkan uang tunai untuk mengembangkan desa wisata masing-masing.

"Hadiah ini untuk modal mengembangkan desa wisata. Bukan yang lain," tegasnya.

Terkait penyelenggaraan Gelar Desa Wisata 2019, Pram menilai, kualitas penyelenggaraan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

"Secara kualitas, tahun ini lebih baik dari sebelumnya, dilihat dari keseriusan peserta dalam menata 'boothnya' dan atraksi yang mereka tampilkan," ujarnya.

Desa Tanalum Wakili Purbalingga pada Festival Desa Wisata Jateng

Dari 35 kabupaten/kota se Jateng, terdapat empat daerah yang tidak mengikutinya karena berbagai pertimbangan teknis. Antaralain Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Blora, dan Kabupaten Sragen.

Terkait penyelenggaraan Gelar Desa Wisata tahun depan, Disporapar Jateng akan menghadirkan pengelola desa wisata dari berbagai daerah dan masyarakat agar bisa langsung melakukan transaksi paket-paket wisata.

Halaman
12
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved