Tiga Puskesmas Direhab Tahun Ini, DKK Karanganyar Awali di Puskesmas Karanganyar

Pada tahun ini Pemkab Karanganyar akan menyelesaikan pembangunan Puskesmas Karanganyar Jaten II dan Puskesmas Karangpandan.

Tiga Puskesmas Direhab Tahun Ini, DKK Karanganyar Awali di Puskesmas Karanganyar
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Puskesmas Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Pemkab Karanganyar akan merehab 3 puskesmas yakni Puskesmas Karangpandan, Puskesmas Karanganyar, dan Puskesmas Jaten II.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Cucuk Heru Kusumo kepada wartawan, Senin (22/7/2019).

Ia menyampaikan, pada tahun ini Pemkab Karanganyar akan menyelesaikan pembangunan Puskesmas Karanganyar dan Puskesmas Karangpandan.

"Tahun ini menyelesaikan Puskesmas Karanganyar. Kalau Jaten II karena telat (lelang). Sedangkan Puskesmas Karangpandan baru. Sudah masuk proses lelang," kata Cucuk Heru Kusumo.

Adapun dalam biaya pembangunan, puskesmas tersebut menggunakan APBD Tahun Anggaran 2019 dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Alokasi Puskesmas Karangpandan dari DAK, nilainya hampir Rp 7 miliar. Puskesmas Jaten II sekitar Rp 5 miliar dan Puskesmas Karanganyar sekitar Rp 4 miliar," terangnya.

Cucuk mengungkapkan, konsep bangunan puskesmas tersebut tidak sama persis dengan Puskesmas Jatipuro, dan Puskesmas Colomadu II.

"Itu karena menyesuaikan luas dan struktur tanah. Tapi konsep sama karena harus ada blok-blok area. Ada area untuk manajemen, area layanan masyarakat sehat dan area layanan masyarakat sakit."

"Karena harus dijamin tidak ada ruang yang memberikan kesempatan transmisi penyakit. Ini berkaitan dengan penjaminan mutu," paparnya. (Agus Iswadi)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved