Berita Lengkap: Parpol-parpol Rebutan Posisi Ketua MPR

Kursi Ketua MPR menjadi rebutan beberapa partai besar yang merasa punya hak, tak terkecuali PDIP, Gerindra, Demokrat, PKB, PPP

PPP Ingin Pembahasan Musyawarah Mufakat

Drajat Terangkan Maksud PAN Porsi 55:45

Pengamat Sebut Gerindra Berpeluang

JAKARTA, TRIBUN - Kursi Ketua MPR menjadi rebutan beberapa partai besar yang merasa punya hak, tak terkecuali PDIP, Gerindra, Demokrat, PKB, PPP dan lain-lain. Sosok Ketua MPR periode 2019-2024 tetap akan punya posisi strategis.

Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga Wakil Ketua Fraksi PDI-P di DPR Hendrawan Supratikno mengatakan, keinginan Demokrat untuk mengisi kursi ketua MPR bisa saja terwujud. Namun, menurut dia, Demokrat sebaiknya menyiapkan sosok yang mempuni.

Hendrawan menanggapi pernyataan Wakil Ketua Umum Demokrat Syarief Hasan yang ingin diajak PDI-P untuk membahas paket pimpinan MPR. "Itu sebabnya permintaan kami, Demokrat tolong menyampaikan sinyal figur yang seperti apa," kata Hendrawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7).

Hendrawan mencontohkan, sosok almarhum Taufik Kiemas yang memiliki karakter ketokohan ketika menjabat sebagai Ketua MPR. Untuk itu, ia meminta Demokrat mulai mencari sosok yang memiliki rekam jejak dan ketokohan yang disegani.

"Yang seperti sekaliber Pak Taufik Kiemas, tolong ini. Itu sebabnya kami menyatakan begitu, silakan partai-partai mengajukan tokoh-tokoh yang rekam jejaknya, kalibernya ketokohannya itu memang disegani," ujar dia.

Selanjutnya, Hendrawan mengatakan, sosok yang diajukan oleh setiap partai akan berpengaruh dalam pemilihan MPR nanti. Sosok yang memiliki pemahaman pada sistem ketatanegaraan akan menjadi kandidat terkuat.

"Bisa dilihat siapa yang duduk di pimpinan MPR saat ini. Yang rekam jejaknya cukup baik dan pemahaman terhadap sistem ketatanegaraan kita juga baik," ujar dia.

Halaman
1234
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved