KPU Demak Tetapkan Perolehan Kursi Parpol di DPRD

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak tetapkan perolehan kursi partai politik dan anggota terpilih Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Demak.

KPU Demak Tetapkan Perolehan Kursi Parpol di DPRD
Tribunjateng/Moch Saifudin
Rapat Pleno Terbuka KPU Demak dalam Penetapan Perolehan Kursi Terpilih Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Demak Pemilu Tahun 2019, di Hotel Amantis, Senin (22/7/2019)  

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak tetapkan perolehan kursi partai politik dan anggota terpilih Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Demak.

Hal tersebut mengacu pada beberapa kebijakan mengenai surat KPU RI nomor 1027 kepada KPU daerah. Kabupaten/Kota yang tidak ada perselisihan sengketa, baik di tingkat DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi, maupun RI, tidak terdapat perkara yang tidakada  di register Mahkamah Konstitusi (MK).

"Maka diminta segera melaksanakan rapat pleno setelah mendapat surat dari KPU RI, yaitu maksimal selama lima hari pasca terima. Adapun hari ini merupakan hari terakhir, KPU Kabupaten/Kota harus segera melakukan rapat pleno," terang Ketua KPU Demak, Bambang Setya Budi dalam acara Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Terpilih Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Demak Pemilu Tahun 2019, di Hotel Amantis, Senin (22/7/2019).

Sebelumnya , diakuinya memang sempat tertunda, ia menyebut masih terdapat perkara register di MK pada 1 Juli 2019.

Ia mengungkapkan, pertama terdapat permohonan gugatan dari Berkarya di Dapil 3 Demak pada 23 Mei 2019. Namun pada 30 mei 2019, pemohon sudah mengajukan permohonan pembatalan gugatan.

"Kemudian kami membuat laporan ke MK, dan ditindaklanjuti pada 28 Juni 2019, dengan MK membuat akta pembatalan permohonan," jelasnya.

Kemudian, kedua gugatan Berkarya di lokus DPR RI. Iamenyebut pada 1 Juli 201 9 terdapat perkara registrasid i MK. Namun, pasca sidang pend ahuluan  di MK pada 9-12 Juli 2019, MK mem buat surat ke KPU RItentang pe rkara registrasi yang disidang kan.

Khususnya gugatan Berkarya untuk DPR RI di Jawa Tengah, lanjutnya, yaitu salah satunya di Dapil 2 Demak, sudah tidak masuk perkara registrasi.

"Artinya di Demak tidak lagi terdapat gugatan yang perlu dipertimbangkan dan akhirnya kami menunggu keputusan akhir dari MK," terangnya.

Adapun peroleh kursi terbanyak yaitu PDIP sebanyak sebelas kursi, dan perolehan kursi paling sedikit yaitu PAN dengan 1 kursi.

Selanjutnya, mereka akan dilantik selambat-lambatnya tujuh hari pasca rapat pleno penetapan melalui Bupati Demak agar diusulkan kepada Gubernur Jawa Tengah.

Adapun urutan kedua, yaitu PKB dengan sembilan kursi, Gerindra delapan kursi, Golkar tujuh kursi, Nasdem enam kursi, PPP lima kursi, Demokrat tiga kursi, PAN satu kursi.

"Suara sah terbanyak diperoleh Fahrudin Bisri Slamet dari PDIP sebanyak 15 ribuan, dan paling sedikit perolehan suara terdapat di Dapil Demak 5 dengan suara sah sekitar 2.700 suara," terangnya. (Tribunjateng/Moch Saifudin)

Penulis: Moch Saifudin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved