KPU Tetapkan 50 Calon DPRD Kota Semarang Terpilih, Ini Daftarnya

Partai baru dalam Pemilu 2019 ini, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), juga berhasil mendapatkan 2 jatah kursi parlemen DPRD Kota Semarang

KPU Tetapkan 50 Calon DPRD Kota Semarang Terpilih, Ini Daftarnya
Tribunjateng.com/Eka Yulianti Fajlin
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Henry Casandra Gultom membacakan hasil suara masing-masing daerah pilihan dalam Rapat Pleno penetapan calon terpilih DPRD Kota Semarang, di Gedung Juang 45 Jalan Pemuda Kota Semarang, Senin (22/7/2019) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang menetapkan 50 calon terpilih anggota DPRD Kota Semarang periode 2019-2024, di Gedung Juang 45 Jalan Pemuda Kota Semarang, Senin (22/7/2019) malam.

Dari hasil penetapan yang dibacakan oleh Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapatkan jatah kursi parlemen terbanyak dengan jumlah 19 kursi.

Kemudian, disusul oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masing-masing mendapat 6 jatah kursi parlemen DPRD Kota Semarang.

Disusul Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan perolehan sebanyak 4 kursi. 

Selanjutnya, Partai Golongan Karya (Golkar) mendapatkan 3 kursi, sedangkan Partai Nasdem dan Partai Amanat Nasional (PAN) mendapatkan masing-masing 2 kursi parlemen.

Partai baru dalam Pemilu 2019 ini, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), juga berhasil mendapatkan 2 jatah kursi parlemen DPRD Kota Semarang.

"Sesuai PKPU 5 tahun 2019, kami bacakan semua lampiran makanya agak lama prosesnya, termasuk calon-calon yang terpilih. Ada SK dan berita acara," kata Nanda, sapaan akrab Ketua KPU Kota Semarang

Dalam penetapan tersebut, pihaknya juga membacakan perolehan suara masing-masing partai dan menyampaikan metode perolehan kursi agar Pemilu 2019 ini benar-benar transparan.

Nanda menjelaskan, dalam penetapan kursi pihaknya menggunakan form DB1 hasil pleno tingkat kota yang dimasukan ke dalam form penghitungan.

"Lembar form kami dapatkan dari website situng. Hasil perolehan masinh-masing partai kami sampaikan. Kami juga meminta tanggapan dan alhamdulillah hasilnya sama tidak ada perubahan," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved