Lepas Jamaah Calon Haji Kloter 58, Bupati Haryanto Minta Mereka Senantiasa Bersyukur

Bupati Pati Haryanto meminta jamaah calon haji untuk bersyukur kepada Tuhan atas kesempatan menunaikan ibadah wajib di Tanah Suci.

Lepas Jamaah Calon Haji Kloter 58, Bupati Haryanto Minta Mereka Senantiasa Bersyukur
TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Bupati Pati Haryanto dan jajaran Forkopimda melepas rombongan pertama Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Pati yang tergabung dalam Kloter SOC 58, Selasa (23/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati Haryanto dan jajaran Forkopimda melepas rombongan pertama Jamaah Calon Haji Kabupaten Pati yang tergabung dalam Kloter (kelompok terbang) SOC 58, Selasa (23/7/2019) pukul 05.00.

Dalam sambutannya, Haryanto meminta jamaah calon haji untuk senantiasa bersyukur kepada Tuhan atas kesempatan menunaikan ibadah wajib di Tanah Suci.

"Ini kesempatan yang sudah ditunggu-tunggu cukup lama. Kurang lebih 7 sampai 8 tahun oleh warga Kabupaten Pati yang hendak menunaikan rukun Islam kelima ini," ucapnya.

Menurut Haryanto, ibadah haji sebagian besar banyak mengandung kegiatan fisik.

Oleh karena itu, lanjutnya, jamaah calon haji hendaknya selalu menjaga kesehatan karena situasi di Tanah Air berbeda dengan situasi di Makkah maupun Madinah.

"Yang tahu kondisi fisiknya tentu para jamaah sendiri. Karena itu, masing-masing anggota jamaah harus bisa menjaga diri agar mampu mengikuti semua rangkaian ibadah," imbuhnya.

Kepada Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) serta Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), Haryanto berpesan untuk tidak mengurusi dirinya sendiri dan keluarganya.

Tapi juga mengatur anggotanya, agar semua bisa mengikuti seluruh rangkaian ibadah dengan baik.

Haryanto juga membesarkan pihak keluarga calon haji yang untuk sementara waktu akan ditinggalkan anggota keluarganya.

"Tidak perlu berkecil hati. Sekarang teknologi komunikasi memudahkan untuk bisa update kabar keluarga yang berangkat haji. Bersama doakan agar semua diberi kekuatan, keselamatan dan selalu mendapat bimbingan Tuhan," imbuhnya.

Pada kloter 58 ini, ada 324 orang yang terdiri atas 321 jamaah dan 3 TPHD.

Mereka kemudian secara resmi diserahkan kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Donohudan dan selanjutnya diberangkatkan menuju ke Tanah Suci(Mazka Hauzan Naufal)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved