Pertama di Indonesia, Perpustakaan Bersistem Digital AR, Begini Unika Soegijaprana Menerapkannya

Unika Soegijapranata Semarang kembangkan sistem perpustakaan terpadu melalui perangkat AR atau realitas tertambah dalam bahasa Indonesia.

Pertama di Indonesia, Perpustakaan Bersistem Digital AR, Begini Unika Soegijaprana Menerapkannya
ISTIMEWA
Romo Aloys Budi Purnomo menikmati sistem Augmented Reality (AR) saat sedang memilih buku di Perpustakaan Unika Soegijapranata Semarang, Selasa (23/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Unika Soegijapranata Semarang kembangkan sistem perpustakaan terpadu melalui perangkat Augmented Reality (AR) atau realitas tertambah dalam bahasa Indonesia.

Lewat sistem itu, diharapkan para mahasiswa khususnya mahasiswa Unika Soegijapranata semakin rajin belajar dan mendatangi perpustakaan.

Realitas tertambah, atau AR merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke lingkungan nyata.

Sistem itu kemudian memproyeksikan benda-benda maya dalam waktu nyata.

Kepala Perpustakaan Unika Soegijapranata Rikarda Ratih Saptaastuti, mengungkapkan penggunaan media literasi digital AR di perpustakaan merupakan penerapan pertama di kampus di Indonesia.

"Ini dalam rangka layanan perpustakaan yang mendukung proses kegiatan pembelajaran yang lebih modern," paparnya, Senin (23/7/2019).

Perangkat AR di perpustakaan Unika Soegijapranata dinamai Speda, atau Studio Pembelajaran Digital.

Fasilitas Speda digunakan untuk membuat konten-konten pembelajaran dalam bentuk audiovisual yang bisa ditayangkan di aplikasi Massive Open Online Course (MOOC) Unika, juga bisa ditayangkan dalam kegiatan E- Learning.

Sistemnya, yakni para mahasiswa yang masuk ke Perpustakaan Unika Soegijapranata Semarang, membawa ponsel mereka yang telah terinstal dan masuk ke aplikasi MOOC Unika.

Lalu saat para mahasiswa memilih satu buku di sana, perangkat memproyeksikan isi atau resume buku tersebut di ponsel pintar setiap mahasiswa.

Halaman
12
Penulis: akbar hari mukti
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved