Breaking News:

Pertanian UMP Purwokerto Temukan Inovasi Es Krim dari Ubi Jalar

Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto menggagas terobosan es krim yang terbuat dari ubi jalar.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Es Krim ubi jalar penemuan Mahasiswa Pertanian UMP. 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Jika biasanya es krim memakai tepung maizena, namun berbeda dengan hasil penemuan yang dilakukan oleh Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), mereka menggagas terobosan es krim yang terbuat dari ubi jalar.

Memang terdengar agak aneh, karena es Krim yang diberi nama Patatas ini menggantinya dengan tepung ubi jalar.

Dekan Fakultas Pertanian UMP, Ir Bambang Nugroho MP mengatakan es krim yang diberi nama Patatas, diolah dengan penuh cinta dari mahasiswa Fakultas Pertanian UMP.

Apalagi, dengan digantinya tepung maizena dengan tepung ubi jalar, membuat es krim Patatas memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Kandungan serat yang tinggi ini merupakan pertimbangan awal dikembangkannya es krim ini, karena terutama pada anak-anak sering kekurangan serat dalam menu makanannya karena sumber serat yang banyak dan mudah adalah dari sayur-sayuran, sedangkan mereka banyak yang tidak mau mengkonsumsi sayur-sayuran.

“Selain itu, kandungan gizi antioksidannya juga sangat tinggi, dengan warna ungu alami yang membuatnya nampak menawan,” kata Bambang, Senin (22/7).

Dekan Fakultas Pertanian UMP, Ir Bambang Nugroho MP, dengan Mahasiswa Fakultas Pertanian UMP dalam penelitian pembuatan es krim ubi jalar.
Dekan Fakultas Pertanian UMP, Ir Bambang Nugroho MP, dengan Mahasiswa Fakultas Pertanian UMP dalam penelitian pembuatan es krim ubi jalar. (IST)

Ubi jalar mengandung antioksidan unik alami, uakmi antosianin.

Yang merupakan senyawa polifenol yang tidak hanya memiliki kapasitas antioksidan saja.

Tapi juga antiinflamasi dan relaksasi pembuluh darah.

“Antosianin sangat baik untuk kesehatan saluran cerna. Juga sebgai antimutagenik dan antikarsinogenik yang dapat mencegah gangguan pada fungsi hati, serta bersifat antuhipertensi dan antihiperglikemik,” ungkapnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved