Sembelih Hewan Qurban di RPH Dispertan Salatiga, Dijamin Gratis dan Halal, Begini Mekanismenya

Kepala Dispertan Salatiga Mustain mengatakan, syarat bagi warga masyarakat atau takmir masjid dan panitia kurban cukup berikan surat pemberitahuan.

Sembelih Hewan Qurban di RPH Dispertan Salatiga, Dijamin Gratis dan Halal, Begini Mekanismenya
Istimewa
Anisa dan Anandito memberi makan hewan kurban yang akan didistribusikan oleh Global Qurban di wilayah Jawa. 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Dinas Pertanian (Dispertan) Kota Salatiga memberikan layanan gratis pemotongan hewan kurban kepada masyarakat saat hari raya Iduladha 2019.

Kepala Dispertan Kota Salatiga Mustain mengatakan, syarat bagi warga masyarakat atau takmir masjid dan panitia kurban cukup memberikan surat pemberitahuan pada hari yang direncanakan.

“Termasuk jumlahnya berapa ekor dan jenis hewan kurbannya kepada kami (RPH),” terangnya kepada Tribunjateng.com, Selasa (23/7/2019).

Menurut Mustain, RPH Dispertan menyediakan fasilitas pencucian jerohan serta darah dan kotoran yang ada akan diolah ke dalam IPAL.

Kelengkapan lain seperti gantungan daging, kerekan karkas, dan kereta dorong juga telah disiapkan.

“Jadi saat penyembelihan hewan ternak tidak perlu dijatuhkan tetapi ada alat khusus untuk merebahkan. Kami juga memfasilitasi juru sembelih halal yang bersertifikat dan fasilitas lainnya,” katanya.

Ia berharap, adanya fasilitas layanan tersebut, apabila hewan disembelih pada RPH lingkungan masjid atau perumahan tetap bersih dan tidak tercemar.

Sebelum dilakukan penyembelihan, hewan yang akan dipotong juga dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu termasuk jeroan dan daging agar benar-benar layak dikonsumsi.

“Kepada masyarakat umum, kami juga menyampaikan supaya hewan ternak betina yang masih produktif supaya tidak disembelih saat Iduladha,” jelasnya. (M Nafiul Haris) 

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved