Jawa Tengah Mendapat Penghargaan Provinsi Besar Sektor Pariwisata di Indonesia Attractiveness Award

Tahun ini Provinsi Jawa Tengah memperoleh penghargaan Indonesia Attractiveness Award 2019 GOLD di sektor Pariwisata untuk kategori Provinsi Besar.

Jawa Tengah Mendapat Penghargaan Provinsi Besar Sektor Pariwisata di Indonesia Attractiveness Award
ISTIMEWA
Sinung N Rachmadi yang mewakili Gubernur Jateng saat menerima penghargaan dari Frointer Group dan Tempo Media Group sebagai Provinsi Besar Sektor Pariwisata di Jakarta, Selasa (23/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tahun ini Provinsi Jawa Tengah memperoleh penghargaan Indonesia Attractiveness Award 2019 GOLD di sektor Pariwisata untuk kategori Provinsi Besar.

Penghargaan ini diselenggarakan oleh Frontier Group dan Tempo Media Group yang dihadiri oleh Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI, serta Menteri Pariwisata.

Jawa Tengah dinilai memiliki daya tarik pariwisata yg sangat baik dan potensi pengembangannya ke depan Terlebih lagi Borobudur menjadi ikon pariwisata unggulan di Indonesia

Hadir mewakili Gubernur Jawa Tengah, yakni Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Sinung N Rachmadi.

Dia mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi kepada potensi Pariwisata di Jateng.

"Sekaligus menjadi pendorong upaya-upaya lompatan yang konkret & harus segera dilakukan untuk memajukan bidang kepariwisataan," ucapnya saat dihubungi Tribunjateng.com, Rabu (24/7/2019).

Gubernur Ganjar Ubah Aturan Pakaian Adat Seragam Para Pegawai Pemprov Jateng

Perlu diketahui pula dari data 2018 yang lalu, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Jateng tercatat sebanyak 680 ribu orang dan wisatawan nusantara sekira 48 juta orang.

"Jumlah ini tentu masih jauh dari harapan, terutama wisatawan mancanegara yang terkait dengan lama tinggal berwisata di wilayah Jateng," tambahnya.

Untuk itu pihaknya akan terus bergerak cepat menggandeng semua pelaku pariwisata, asosiasi, penggiat pariwisata, komunitas, dan masyarakat, serta Pemkab/Pemkot, untuk bersama-sama meningkatkan kunjungan wisatawan. Baik mancanegara & nusantara ke Jawa Tengah.

Untuk meningkatkan jumlah wisatawan nusantara dan mancanegara, Sinung bersama jajarannya terus melakukan langkah-langkah yang kongkret.

"Saya akan mendorong terselenggaranya event-event seni budaya dan pariwisata nasional maupun internasional sebagai daya tarik kunjungan wisatawan," jelas Sinung.

Rencana Likuidasi BKK Pringsurat Temanggung Membuat Nasabah Khawatirkan Pengembalian Dana

Selain itu, ia juga akan mengembangkan kegiatan sport tourism yang bertaraf internasional yang bersifat massal yang diadakan di destinasi wisata unggulan.

"Kami juga akan mengembangkan desa wisata. Dari yang semula 229 desa wisata bisa berkembang menjadi 500 desa wisata untuk lima tahun ke depan melalui rencana alokasi dana bantuan desa wisata secara bertahap. Mulai dari Rp 100 juta hingga Rp 1 miliar," beber Sinung.

Ia juga ingin mengembangkan jejaring kerjasama antar daerah dan internasional untuk mendatangkan wisatawan. Serta, meningkatkan kerjasama dengan PTN/PTS melalui KKn tematik di pedesaan untuk mengembangkan desa wisata.

"Itu semua butuh proses yang konsisten untuk mencapai target kunjungan wisatawan yang sudah kami buat," tutupnya. (afn)

Penulis: faisal affan
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved