Penginapan Calon Jamaah Haji Pati Hanya Berjarak Satu Kilometer dari Masjidil Haram

Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Pati akan tinggal di maktab atau pemondokan yang berjarak satu kilometer dari Masjidil Haram.

Penginapan Calon Jamaah Haji Pati Hanya Berjarak Satu Kilometer dari Masjidil Haram
Istimewa/Humas Setda Kabupaten Pati
Bupati Pati Haryanto ketika melepas keberangkatan Jamaah Calom Haji Kloter 60, Rabu (24/7/2019) dini hari. 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Pati akan tinggal di maktab atau pemondokan yang berjarak satu kilometer dari Masjidil Haram.

Tahun ini, maktab dibagi berdasarkan zonasi wilayah, berbeda dari tahun lalu yang berdasarkan Kloter.

Jawa Tengah-DIY akan berada di Jarwal. Jarwal berjarak tak jauh dari Masjidil Haram, sehingga jamaah tak butuh waktu lama untuk menuju ke sana.

Hal itu diungkapkan Bupati Pati Haryanto ketika melepas keberangkatan JCH kloter 60, Rabu (24/7/2019) dini hari.

"Alhamdulillah maktab yang ditempati tidak jauh, hanya sekitar satu kilo dari Masjidil Haram. Sehingga tidak terlalu memakan waktu lama saat akan melakukan aktivitas ibadah," jelas Haryanto sebagaimana rilis Humas Setda Kabupaten Pati pada Tribun Jateng.

Haryanto berharap, para anggota JCH dapat menerapkan materi bimbingan yang selama ini didapat dari masing-masing KBIH.

Selain itu, ja juga mendoakan agar para anggota JCH dimudahkan perjalanannya mulai dari Kabupaten Pati hingga ke tanah suci.

"Dan yang paling penting adalah Bapak/Ibu sekalian karena jumlah seluruh jamaah di seluruh dunia jutaan umat dan ibadah hajinya cenderung ke ibadah fisik kita harus bisa mengatur waktu dan pikiran," pinta Haryanto.

Sedangkan untuk keluarga, menurut Bupati, tidak perlu menjadi beban pikiran para jamaah, karena saat ini sudah ada alat komunikasi untuk bisa langsung berkomunikasi, baik itu lewat video call, WA, SMS dan lain-lain.

"In syaa Allah keluarga akan dijaga oleh Allah SWT. Semoga di kloter 60 ini dari Pendopo ke Donohudan dan besok ke tanah suci dalam keadaan selamat, sehat, dan juga bisa menunaikan rukun wajib dan sunnah haji dengan sempurna dan sekaligus dimudahkan urusannya oleh Allah SWT dan akhirnya nanti juga setelah selesai, sebanyak 1.084 jamaah bisa pulang kembali ke tanah air, tidak ada yang tertinggal dengan menyandang predikat haji yang mabrur," harapnya.

Sementara itu, Ali Munfaat selaku ketua Kloter 60 dalam laporannya menyampaikan, jumlah anggota kloternya ialah 352 orang. (Mazka Hauzan Naufal)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved