Sam Poo Kong Luncurkan Virtual Park, Bisa Tonton Komik Cheng Ho dari Kamera Smartphone

Yayasan Klenteng Agung Sam Poo Kong melaunching Virtual Park bertema sejarah di panggung indoor Sam Poo Kong, Simongan, Kota Semarang

Sam Poo Kong Luncurkan Virtual Park, Bisa Tonton Komik Cheng Ho dari Kamera Smartphone
reza gustav
Sam Po Kong 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Yayasan Klenteng Agung Sam Poo Kong melaunching Virtual Park bertema sejarah di panggung indoor Sam Poo Kong, Simongan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/7/2019).

Virtual Park itu memungkinkan para pengunjung melihat komik visual berkonsep Augmented Reality (AR) melalui sebuah smartphone atau tab.

Di area Virtual Park, terdapat sejumlah storyboard komik bernuansa anak-anak yang menceritakan sejarah terkait Sam Poo Kong.
Beberapa di antaranya menampilkan asal-usul Sam Poo Kong lengkap dengan kisah perjalanan Laksamana Tiongkok Cheng Ho ke Nusantara dan negara lain.

Nantinya para pengunjung akan menghadapkan kamera di dalam aplikasi smartphone atau tabnya ke storyboard tersebut.
Kemudian dalam kamera itu tampak komik yang seolah-olah tiga dimensi bergerak mengikuti alur cerita.

Kisah-kisah yang disajikan dibagi menjadi sembilan chapter atau storyboard yang masing-masing letaknya berurutan dan mengitari panggung indoor Sam Poo Kong.

Pengunjung hanya perlu menggerakkan kamera dalam smartphone-nya untuk melihat semua storyboard.

Virtual park yang dilaunching tersebut merupakan hasil kerjasama antara Yayasan Klenteng Agung Sam Poo Kong dengan Wivi Indonedia.

"Kami juga bekerjasama dengan tim kreatif dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang serta berkoordinasi dengan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi," ungkap Pembina Yayasan Sam Poo Kong Mulyadi Setiakusuma kepada Tribunjateng.com.

"Beliau (Wali Kota Semarang) sempat berpesan bahwa ingin berbagai kebudayaan itu dilestarikan. Maka kami ingin mengangkat nilai sejarah Sam Poo Kong dan Cheng Ho melalui visual karena saat ini warga terutama anak-anak menyukai hal-hal visual," tambahnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya ingin memberikan gambaran bahwa seorang Laksamana Cheng Ho yang memiliki kekuasaan besar pun datang ke Nusantara tidak untuk menjajah, melainkan berdiplomasi dan berdagang.

Bagi pengunjung yang berminat, cukup membayar seharga 3000 Rupiah untuk melihat komik virtual tersebut.
Saat ini pihak Sam Poo Kong masih menggratiskan fasilitas itu.

"Saat ini masih trial base sehingga ada tim teknis yang membawa tab dan memperlihatkan kepada para pengunjung. Nanti jika sudah berjalan secara efektif maka para pengunjung akan memakai gadgetnya masing-masing untuk menikmati komik virtual ini," lanjut Mulyadi. (tribunjateng/rez)

Foto: Para pengunjung melihat komik virtual berkonsep Augmented Reality melalui smartphone dan tab di Virtual Park Sam Poo Kong, Selasa (23/7/2019). (TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved