Tingkatkan Minat Baca Sejak Dini, Disarpus Karanganyar Sediakan Ruang Baca Khusus Bagi Anak

Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Karanganyar menyediakan ruang baca khusus anak untuk meningkatkan minat baca sejak dini.

Tingkatkan Minat Baca Sejak Dini, Disarpus Karanganyar Sediakan Ruang Baca Khusus Bagi Anak
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Ruang baca anak di Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Karanganyar menyediakan ruang baca khusus anak untuk meningkatkan minat baca sejak dini.

Kepala Disarpus Karangnayar, Bambang Harsono menyampaikan, sebelum menempati gedung baru pada akhir 2017, pihaknya masih berpindah-pindah tempat.

"Kami ingin merubah paradigma perpustakan waktu itu. Yang dianggap hanya tempat untuk membaca dan dipandang sebelah mata. Sehingga orang-orang belum begitu tertarik. Jadi perpustakaan sebagai tempat pembelajaran masyarakat dan pusat belajar," katanya kepada Tribunjateng.com, Rabu (24/7/2019).

BREAKING NEWS: Mobil Kepala Dispora Kota Semarang Kecelakaan di Jambu Kabupaten Semarang

Ia menuturkan, ruang baca khusus anak-anak itu dulu belum ada dan masih menjadi satu di lantai 2 bersama ruang baca umum.

Sehingga dibangunlah ruang baca khusu anak dan mulai digunakan satu minggu selepas Hari Raya Idul Fitri lalu.

"Biaya pembangunan ruang baca anak menggunakan APBD 2019, sekitar Rp 160 an juta sekian," terangnya.

Selanjutnya Pustakawan, Priyanto menambahkan, memanfaatkan sebagian ruang di lantai 1, seluas 150 meter persegi. Ruang baca anak dibagi menjadi dua bagian, yakni ruang baca dan ruang bermain.

"Kita buat ruang senyaman mungkin bagi anak. Ini untuk memfasilitasi kegemaran anak membaca buku dan meningkatkan minat baca anak. Dulu masih bercampur dan kita ingin ada ruang tersendiri untuk anak," ungkapnya.

Di ruang baca anak ada sekitar 5.000 koleksi buku. Terdiri dari buku cerita rakyat, pendidikan mengenal angka dan lain-lain. Selain itu ada juga alat peraga edukatif dan mainan anak.

"Ada dua petugas yang berjaga. Anak-anak diarahkan untuk membaca buku dulu, baru main," paparnya.

Priyanto menuturkan, ruang baca khusus anak ini kerap dimanfaatkan untuk kunjungan murid TK yang ada di sekitaran Karanganyar Kota.

"Ramainya pengunjung sehabis pukul 10.00. Awal launcing yang ada sekitar puluhan orang. Seiring berjalan mulai bertambah hampir seratus setiap harinya. Ruang anak ini buka pada pukul 07.30 hingga 15.30 saat hari aktif kerja," tuturnya.

Bagi pengunjung yang ingin memimjam buku di ruang anak ini dapat membuat Kartu Anggota secara gratis. Sedangkan jangka peminjaman selama satu minggu dan maksimal 2 eksemplar.

Adapun ruang anak ini dapat menampung sekitar 60 pengunjung. (ais)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved