Mahasiswa USM Kembangkan Game Pencegah Hoaks

Mereka berdua mampu mengembangkan game pencegah hoaks, yang dimainkan di sela forum-forum diskusi

Mahasiswa USM Kembangkan Game Pencegah Hoaks
Istimewa
Pengaplikasian kartu pencegah hoaks di forum diskusi USM, baru-baru ini. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Berbagai kreativitas terus diciptakan oleh generasi penerus, termasuk para mahasiswa. Yang terbaru, dua mahasiswa Universitas Semarang (USM) berhasil mengembangkan sebuah game pencegah hoaks.

Dua mahasiswa USM itu di antaranya Dewi Fatimatuzzahroh, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian dan Lala Anggraini, mahasiswa Fakultas Teknik USM.

Mereka berdua mampu mengembangkan game pencegah hoaks, yang dimainkan di sela forum-forum diskusi.

Game pencegah hoaks lewat permainan kartu ini, diklaim dapat membuat diskusi yang sedang berjalan menjadi lebih hidup, dan tak ada informasi palsu atau hoaks digulirkan oleh setiap peserta diskusi.

Kepada Tribun Jateng, salah satu mahasiswa pengembang game pencegah hoaks, Lala Anggraini menuturkan ide tersebut tercipta berawal dari kegusaran keduanya terkait berbagai informasi hoaks yang semakin berkembang.

Puncaknya adalah saat gelaran Pilpres 2019 belum lama ini. Informasi yang acapkali tak jelas kebenarannya, malah dipercaya banyak orang. Sementara informasi yang berdasar fakta, malah disepelekan.

"Lalu kami juga melakukan riset, di mana informasi hoaks salah satunya disebarluaskan di forum-forum diskusi di kampus," terangnya, Kamis (25/7/2019).

Riset tersebut dilakukannya sejak awal Mei lalu. Mendapati hasil riset tersebut, ia dan temannya, Dewi Fatimatuzzahroh, memutuskan untuk membuat sebuah game yang dimainkan di sela forum diskusi.

Game tersebut dimainkan menggunakan kartu.

Teknisnya, setiap peserta di sebuah forum diskusi mendapatkan sebuah kartu. Sebelumnya, kartu tersebut telah diisi sejumlah pertanyaan serta kisi-kisi jawaban, berdasarkan tema diskusi yang sedang berjalan.

Halaman
12
Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved