Pilkades Serentak Kabupaten Batang Tak Akan Terapkan E-Voting, Melawan Kearifan Lokal Katanya

Beberapa kabupaten telah memilih untuk menerapkan sistem electronik voting (e-Voting) pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak.

Pilkades Serentak Kabupaten Batang Tak Akan Terapkan E-Voting, Melawan Kearifan Lokal Katanya
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang telah menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon anggota terpilih DPRD, Senin (22/7/2019) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Beberapa kabupaten telah memilih untuk menerapkan sistem electronik voting (e-Voting) pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak.

E-Voting dianggap lebih efisien dalam penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu).

Berbeda dari kabupaten lain yang memilih menggunakan e-voting, Kabupaten Batang akan tetap melakukan voting secara manual pada Pilkades Serentak yang akan dihelat pada September 2019 mendatang.

Sebanyak 206 desa di Kabupaten Batang bakal melangsungkan kompetisi tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Batang, Agung Wisnu Barata mengatakan, pilkades merupakan wilayah lokal yang kental dengan budaya untuk menumbuhkan rasa gotong royong, kebersamaan, dan toleransi nyata.

"Pilkades itu merupakan warisan nenek moyang yang harus dilestarikan dan hargai sampai kapan pun, meski di era kemajuan teknologi semakin hebat, pilkades manual tetap jangan dihilangkan, biarlah berkembang menurut kearifan lokal," ujarnnya, Kamis, (25/7/2019).

Ia juga menjelaskan alasannya tidak menyetujui pilkades elektronik itu.

Karena jelas menentang adat istiadat yang sudah ada, selain perangkat yang digunakan biayanya sangat tinggi, juga saat ini Pemkab masih efisiensi anggaran.

"Kami sudah studi banding ke Kabupaten Pemalang dan mereka menyarankan untuk tidak menggunakan e- voting. Karena biaya tinggi dan nilai kemanfaatannya sangat kurang," pungkasnya.(Dina Indriani)

Penulis: dina indriani
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved