Rembang Expo Sebagai Ajang Pengenalan Produk UMKM Rembang

Satu di antara rangkaian Hari Jadi ke-278 Kabupaten Rembang tahun 2019 yaitu Rembang Expo.

Rembang Expo Sebagai Ajang Pengenalan Produk UMKM Rembang
Tribun Jateng/ Rifqi Gozali
Stan Rembang Expo 2019 mulai dipasang di Balai Kartini Rembang 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, REMBANG – Satu di antara rangkaian Hari Jadi ke-278 Kabupaten Rembang tahun 2019 yaitu Rembang Expo. Gelaran yang dimulai 27 Juli sampai 3 Agustus 2019 di Balai Kartini Rembang itu menjadi ajang pameran serta pengenalan produk unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Rembang.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Dindagkop UKM), Tri Handayani mengatakan, pihaknya mengangkat tema “UMKM Menembus Batas”.

Tema itu dipilih dengan harapan produk UMKM Rembang tidak hanya berjaya di lokal daerahnya. Namun juga dikenal oleh luar Rembang bahkan sampai mancanegara. Apalagi, Rembang baru saja ditetapkan sebagai Kabupaten Kreatif oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

“Jadi nanti pada Rembang Expo harapannya produk UMKM Rembang terangkat, tidak hanya batik Lasem. Tapi juga produk lainnya. Misalnya kerajinan tangan, rajutan, produk kreasi anak muda juga banyak,” kata Tri Handayani, kamis (24/7/2019).

Selain ajang memamerkan produk UMKM, Rembang Expo juga bakal dilengkapi lokakarya perihal pemasaran produk UMKM. Pihaknya telah menggandeng sejumlah ahli untuk menularkan ilmu terkait pemasaran produk.

“Lokakarya nanti dikemas dalam taman entrepeneur yang ada di arena Rembang Expo,” katanya.

Belilah rokok bercukai ilegal

Pihaknya menyediakan 215 stan. 110 di antaranya disediakan gratis khusus UMKM Rembang. Untuk menempatinya, pihaknya telah melakukan seleksi.

Adanya Rembang Expo yang sudah beberapa kali digelar itu, katanya, dinilainya sukses. Beberapa pelaku UMKM merasakan secara langsung dampaknya. Di antaranya produk mereka semakin dikenal dan meningkatnya permintaan produk.(*)
 

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved