Pemprov Jateng Siapkan Dana Rp 10 Miliar untuk Beasiswa Anak Putus Sekolah

Dana tersebut digunakan untuk beasiswa anak-anak yang tidak bisa melanjutkan sekolahnya karena kendala ekonomi keluarga

Pemprov Jateng Siapkan Dana Rp 10 Miliar  untuk Beasiswa Anak Putus Sekolah
ISTIMEWA
Siswi SMAN 9 Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Untuk mengurangi angka anak putus sekolah di Jawa Tengah, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelontorkan dana Rp 10 miliar untuk tahun 2019.

Dana tersebut digunakan untuk beasiswa anak-anak yang tidak bisa melanjutkan sekolahnya karena kendala ekonomi keluarga.

Dalam berbagai kesempatan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo selalu menegaskan tidak boleh ada lagi anak putus sekolah di Jateng yang hanya karena keterbatasan ekonomi.

"Kami sudah siapkan beasiswa, jadi silahkan yang memang benar-benar miskin, segera mendaftar," kata Ganjar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, Jumeri saat dikonfirmasi mengatakan, 10.000 beasiswa tersebut disiapkan untuk siswa SMA, SMK dan SLB baik negeri maupun swasta di Jateng.

Rinciannya, 1.000 beasiswa diberikan untuk siswa SLB, 4.000 beasiswa untuk siswa SMA dan 5.000 beasiswa untuk siswa SMK.

"Tahun ini kami menyiapkan 10.000 beasiswa untuk siswa miskin di Jateng. Nantinya, per anak akan mendapatkan beasiswa Rp1 juta pertahun," kata Jumeri, Jumat (26/7).

Beasiswa tersebut lanjut dia, bersumber dari Bantuan Siswa Miskin (BSM) Pemprov Jateng.

Selain BSM, ada beberapa program beasiswa lain seperti Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk sekolah negeri dan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) untuk sekolah swasta.

"Selain itu, ada pula program beasiswa dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Jateng. Bahkan jumlahnya lebih besar dari BSM, yakni Rp 2,4 juta per anak pertahun," terangnya.

Halaman
12
Penulis: faisal affan
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved