Penjual Terasi Asal Jepara Jadi Siswa Terbaik Honda Indonesia

Atas kegigihannya menjual terasi yang ia beri merek Serasi ia baru saja didapuk menjadi Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) tahun 2019.

Penjual Terasi Asal Jepara Jadi Siswa Terbaik Honda Indonesia
Istimewa
Best of The Best Student 2019, Rizal Alamsyah dari SMKN 1 Batealit, perwakilan main dealer Astra Motor Jawa Tengah menerima apresiasi dari PT Astra Honda Motor (AHM) berupa sepeda motor Honda BeAT eSP yang langsung diserahkan oleh Direktur HR, GA, IT, and SI AHM Markus Budiman. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Menjadi penjual terasi mungkin tidak ada di benak remaja masa kini.

Namun, hal itu tidak berlaku bagi Rizal Alamsyah siswa SMKN 1 Batealit, Jepara.

Atas kegigihannya menjual terasi yang ia beri merek Serasi ia baru saja didapuk menjadi Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) tahun 2019.

Remaja 18 tahun itu mengalahkan 411 peserta dari penjuru Indonesia.

Melalui sebuah kreasi ia menemukan metode pembuatan terasi yang lebih cepat, dan lebih tahan lama namun tidak mengurangi kesedapan terasi. Siswa jurusan agribisnis itu menerapkan teknologi osmosis.

"Saya tahu osmosis sejak SMP saat mengikuti kompetisi fisika, teori itu saya aplikasikan dalam pembuatan terasi," ucap Rizal saat dihubungi Tribun Jateng, Jumat (26/7/2019).

Osmosis secara awam disebut juga proses penyerapan.

Dalam pembuatan terasi melalui teknik itu proses serap kadar garam dan ekstrak sereh ke daging udang rebon dilakukan lebih cepat.

"Membuat terasi yang biasanya butuh waktu tujuh sampai 14 hari lewat teknik osmosis bisa lebih cepat hanya setengah jam dan hasilnya masih baik dikonsumsi hingga satu tahun," bebernya.

Kreasinya tidak berhenti di situ, ia kembali mengolah hingga menjadi produk jadi yang langsung bisa dimanfaatkan oleh pembeli akhir.

Halaman
1234
Penulis: rival al-manaf
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved