Rambut Gimbalnya Dipotong, April Minta Trasi dan Kuluban Bayem‎‎

April merupakan satu di antara 12 bocah perempuan, yang menjalani prosesi ruwat rambut gembel di alun-alun Kabupaten Wonosobo, Sabtu (27/7/2019).

Rambut Gimbalnya Dipotong, April Minta Trasi dan Kuluban Bayem‎‎
Tribun Jateng, Yayan Isro' Roziki
Ganjar Pranowo, memotong rambut gembel soerang anak dalam prosessi ruwat rambut gembel di alun-alun Wonosobo, Sabtu (27/7). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Yayan Isro' Roziki

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO - ‎"Mau trasi dan kuluban bayem," ucap bocah mungil, Santika Apriliana Putri (4), ketika berkali-kali ditanya, apa permintaannya sebagai bagian dari prosesi ruwat rambul gembel.

April merupakan satu di antara 12 bocah perempuan, yang menjalani prosesi ruwat rambut gembel di alun-alun Kabupaten Wonosobo, Sabtu (27/7/2019).

Tak hanya jelang prosesi ruwatan, dalam kesehariannya, April juga senang mengudap trasi. ‎Bahkan, kadangkala trasi itu ia kunyah laiknya orang lain memamah camilan yang gurih nan lezat.

"Enak rasanya, agak asin-asin gitu," ucap april polos, ditanya perihal‎ kesukaanya terhadap trasi.

Sedari pagi, para peserta ruwat rambut gembel, yang datang dari berbagai penjuru Wonosobo, telah berkum‎pul di alun-alun. Seturun dari berkeliling menggunakan kereta kuda, ke-12 bocah perempuan itu berbaris, berjajar, menuju pendopo kabupaten.

Di sana, mereka bercengkrama dengan Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo; Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagyo; Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Wonosobo, One Andang Wardoyo; perwakilan dari Ditjen Kebudayaan, serta pejabat dan tamu undangan lainnya.

Seusai bercengkrama, para peserta ruwat rambut gembel diajak menuju alun-alun, dengan dipimpin Ganjar.

Sembari berjalan menuju alun-alun, sebagai lokasi prosesi ruwatan, orang nomor satu di Jateng itu tampak menggandeng dua-tiga anak sekaligus.‎ Ganjar pun tampak luwes dan sering berinteraksi secara cair dengan para peserta ruwatan.

‎Prosesi budaya-adat tradisi itu dimulai oleh pemangku Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia (MLKI) Wonosobo. Selanjutnya, satu per satu peserta ruwatan diminta naik ke atas panggung yang disediakan untuk dicukur rambutnya gembelnya.

Halaman
123
Penulis: yayan isro roziki
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved