Sedekah Bumi Desa Srikaton Kabupaten Pati, Gunungan Hasil Bumi Diarak Keliling Kampung

Warga Desa Srikaton, Kecamatan Kayen mengarak keliling kampung gunungan yang terbuat dari aneka hasil bumi

Sedekah Bumi Desa Srikaton Kabupaten Pati, Gunungan Hasil Bumi Diarak Keliling Kampung
Tribun Jateng/ Mazka Hauzan Naufal
Ritual sedekah bumi di Desa Srikaton, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Sabtu (27/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Warga Desa Srikaton, Kecamatan Kayen mengarak keliling kampung gunungan yang terbuat dari aneka hasil bumi, yakni antara lain padi, ketela, terong, kacang panjang, dan oyong dalam prosesi sedekah bumi, Sabtu (27/7/2019).

Arak-arakan gunungan tersebut diiringi penampilan drum band dan pasukan pawai.

Setelah diarak, gunungan kemudian dibawa ke Punden Kamdowo, makam leluhur warga setempat. Selain gunungan, masing-masing warga juga membawa nasi ambengan untuk disantap bersama-sama.

Begitu selesai berdoa bersama, warga yang telah bersiap langsung berebut gunungan.

"Sebagai puncak peringatan sedekah bumi, acara akan dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk," ujar Kepala Desa Srikaton Sarjono.

Kegiatan sedekah bumi yang rutin dilakukan setiap tahun oleh warga Srikaton yang mayoritas petani ini, lanjut Sarjono, merupakan perwujudan rasa syukur kepada Tuhan atas berkah dan rezeki yang diberikan melalui hasil pertanian dalam kurun waktu setahun terakhir.

"Peringatan sedekah bumi tahun ini sengaja kami gelar lebih meriah. Selain untuk menguri-uri budaya leluhur, kegiatan ini juga untuk menghibur masyarakat," jelasnya.

Sarjono menjelaskan, pelaksanaan ritual sedekah bumi di Desa Srikaton tidak ada kepastian tanggalnya. Patokannya ialah hitungan hari Pon bulan Apit pada penanggalan Jawa.

"Sedekah bumi ini sebagai rasa syukur yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada warga selama setahun terakhir, sekaligus untuk meminta berkah dan limpahan rezeki untuk masa yang akan datang," jelas Sarjono. (Mazka Hauzan Naufal)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved