Ungkapkan Rasa Syukur, Akan Digelar Kirab Budaya di Kebun Teh Kemuning Ngargoyoso

Kirab budaya serta pertunjukan Tari Bedhayan Pucuk Putri disajikan saat acara tersebut di Kebun Teh Gondang Rejo Kemuning Ngargoyoso pada Selasa (30/7

Ungkapkan Rasa Syukur, Akan Digelar Kirab Budaya di Kebun Teh Kemuning Ngargoyoso
ISTIMEWA
Kirab Budaya dan Tari Bedhayan Pucuk Putri di Kawasan Kebun Teh Kemuning Ngargoyoso Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Rasa syukur atas hasil bumi yang melimpah bisa dilakukan dengan beragam acara, satu di antaranya yakni melalui gelaran budaya.

Bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, BPJS Ketenagakerjaan, dan Warga Kampung RW 14 Kemuning Ngargoyoso, Komunitas Budaya dan Pariwisata Kampung Kodok Kemuning akan menggelar Kirab Budaya dan pertunjukan Tari Bedhayan Pucuk Putri di Kebun Teh Gondang Rejo Kemuning Ngargoyoso pada Selasa (30/7/2019).

Serangkaian acara akan dimulai pukul 07.00 hingga pukul 00.00. Kirab budaya serta pertunjukan Tari Bedhayan Pucuk Putri disajikan saat acara tersebut. Selain itu juga ada beragam kesenian seperti angklung, gamelan, jathilan dan lain-lain.

"Dengan adanya lahan perkebunan teh, masyarakat Kemuning bisa hidup sejahtera. Sehingga perlu momen untuk mengingatkan itu melalui unsur-unsur kehidupan yang ada di dalam pohon teh. Masyarakat bisa harmonis dengan Tuhan, alam dan manusia," kata Ketua Panitia, Priyanto saat Jumpa Pers dengan wartawan, Sabtu (27/7/2019).

Ia menyampaikan, dalam gelaran itu juga ditampilkan Tari Bedhayan Pucuk Putri. Tari tersebut menggambarkan kegiatan petani memetik pucuk-pucuk teh. "Tari itu ditampilkan oleh 9 gadis warga sekitar RW 14. Pucuk sendiri merupakan tiga daun terbaik di bagian ujung," terangnya.

Selain Tari Pucuk Putri, ada pula Kirab Budaya. Warga sekitar akan berjalan melewati 3 RT yang ada di RW 14 Desa Kemuning. Mereka berjalan sambil membawa sesaji atau hasil bumi hingga titik pemberhentian di tanah jeblok atau rembes. Tempat itu merupakan pusat gelaran Kirab Budaya dan Prosesi Bedhayan Pucuk Putri.

"Ini dalam rangka menghormati keberadaan pohon teh sekaligus ucapan rasa syukur kepada Tuhan," ungkap Priyanto.

Adapun dalam acara tersebut juga akan dilaksanakan launching Program Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala cabang (Kacab) Perintis BPJS Ketenagakerjaan Karanganyar, Agus Suyono menuturkan, pada tahun 2017 sudah dilaunching di Buran Tasikmadu dan pada 2018 di Nglebak Tawangmangu. Sedangkan tahun ini di Kemuning Ngargoyoso Karanganyar.

"Itu untuk mengoptimalkan dan menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang BPJS Ketenagakerjaan bagi para pegiat UMKM dan petani teh," paparnya. (Ais)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved