Upacara Hari Jadi ke-278 Rembang, Peserta Pakai Beskap dan Kebaya

Upacara Hari Jadi ke-278 Kabupaten Rembang di Pendopo Museum Kartini, Sabtu (27/7/2019), dibalut dengan nuansa budaya jawa yang sangat kental

Upacara Hari Jadi ke-278 Rembang, Peserta Pakai Beskap dan Kebaya
rifqi gozali
Bupati Rembang Abdul Hafidz 

TRIBUNJATENG.COM, REMBANG - Upacara Hari Jadi ke-278 Kabupaten Rembang di Pendopo Museum Kartini, Sabtu (27/7/2019), dibalut dengan nuansa budaya jawa yang sangat kental.

Peserta dari elemen Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengenakan pakaian khas jawa. Kebaya bagi perempuan, beskap bagi laki-laki.

Dalam upacara kali ini, petugasnya menggunakan Bahasa Jawa. Begitu juga Bupati Rembang, Abdul Hafidz yang bertindak sebagai pembina upacara juga menyampaikan amanatnya menggunakan Bahasa Jawa.

Seluruh peserta tampak khidmat selama upacara digelar. Mereka dengan seksama menyimak apa yang menjadi amanat orang nomor satu di Bumi Dampo Awang.

"Dengan tema 'Menggali Potensi, Mengembangkan Inovasi, dan Meningkatkan Inovasi' itu pas dengan kondisi Rembang saat ini," kata Hafidz dalam Bahasa Jawa.

Upacara Hari Jadi ke-278 Kabupaten Rembang, Bupati Abdul Hafidz bertindak sebagai pembina upacara.
Upacara Hari Jadi ke-278 Kabupaten Rembang, Bupati Abdul Hafidz bertindak sebagai pembina upacara. (rifqi gozali)

Menurut Hafidz, tema yang diangkat sarat akan dalamnya makna dalam upaya membangun Rembang.

"Tidak hanya unsur ibadah saja, tapi dalam sekali maknanya dalam membangun semangat masyarakat Rembang," lanjut Hafidz.

Penjabaran dari tema itu, kata Hafidz, bahwa Rembang memiliki potensi yang tidak semua daerah miliki. Potensi maritim misalnya, panjang bibir pantai di Rembang yang membentang 64 kilometer sejak Kaliori sampai Sarang. Tentu di dalamnya banyak potensi yang bisa digali demi majunya dan makmurnya masyarakat Rembang.

"Rembang juga mendapat julukan sebagai Kabupaten Kreatif, ini menjadi pemacu bagi kita untuk selalu berkreasi," katanya.

Sementara, iklim investasi yang ada selama ini selalu mengalami peningkatan.

Halaman
12
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved