Ribuan Warga Brebes Kekurangan Air Bersih, 14 Kecamatan Dilanda Kekeringan

Ketua Pengurus Cabang Kagama Brebes, Nurudin mengatakan, 30 tangki atau setara 150 ribu liter air dibagikan di tiga wilayah di Kabupaten Brebes.

Ribuan Warga Brebes Kekurangan Air Bersih, 14 Kecamatan Dilanda Kekeringan
ISTIMEWA
Warga Desa Galuhtimur Kecamatan Tonjong berebut mendapatkan air bersih bantuan dari Kagama Cabang Brebes, Sabtu (27/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Kekeringan yang melanda 14 kecamatan di Kabupaten Brebes, menjadi keprihatinan tersendiri bagi Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada Yogyakarta (Kagama).

Untuk itu, Kagama Cabang Brebes mendistribusikan 30 tangki air bersih ke beberapa wilayah yang kesulitan air.

Ketua Pengurus Cabang Kagama Brebes, Nurudin mengatakan, 30 tangki atau setara 150 ribu liter air dibagikan di tiga wilayah di Kabupaten Brebes yang kekeringan.

Yaitu di Desa Galuhtimur Kecamatan Tonjong, Desa Pamulihan dan Desa Kamal Kecamatan Larangan.

"Kami turut perihatin kondisi kekeringan yang melanda Kabupaten Brebes, kami ingin memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat Brebes," kata Nurudin, di sela pembagian air bersih di Desa Galuhtimur, Sabtu (27/7/2019).

Nurudin yang juga Camat Wanasari itu mengatakan, pemberian air bersih sebagai usaha pemenuhan kebutuhan air bersih warga yang mengalami kekeringan.

Sebagaimana moto Kagama yakni Mengabdi untuk Negeri Guyub Gayeng Migunani, para anggota Kagama berusaha memberi solusi atas persoalan kekeringan yang menimpa warga Brebes.

"Meskipun tidak seberapa, namun mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk warga Brebes," harapnya.

Sekretaris Desa Galuhtimur Kecamatan Tonjong, Muhajir berterima kasih atas bantuan air bersih bagi warga desanya.

Pasalnya, kekeringan yang mengakibatkan kesulitan air bersih telah dirasakan 1.446 kepala keluarga (KK) yang berada di 4 dukuh, meliputi Dukuh Karangasem, Galuhtimur 2, Galuhtimur 1, dan Kalipucung.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved