Ngopi Pagi

Fokus : Menuju Tanah Suci

HAMPIR sebulan terakhir, calon jemaah haji dari berbagai kota/kabupaten asal Jateng mulai masuk Asrama Haji Donohudan, Solo.

Fokus : Menuju Tanah Suci
tribunjateng/bram
Moh Anhar wartawan Tribun Jateng ok 

Oleh Moh Anhar

Wartawan Tribun Jateng

HAMPIR sebulan terakhir, calon jemaah haji dari berbagai kota/kabupaten asal Jateng mulai masuk Asrama Haji Donohudan, Solo. Mereka segera terbang ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji. Sebuah kegembiraan bagi mereka yang berkesempatan untuk menunaikan rukun Islam kelima ini.

Bukan hanya persoalan kecukupan biaya untuk memiliki kemampuan berada di Baitullah, proses menunggu antrean untuk bisa mendapat kursi haji ini di wilayah Jawa Tengah kini mencapai jangka waktu 22 tahun sejak pendaftaran. Perlu kesabaran untuk memenuhi panggilan Ilahi ini.

Besaran kuota jumlah jemaah haji yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi dan jumlah pendaftar haji yang terus meningkat setiap tahun memang tak sebanding.

Antrean begitu memanjang. Kuota per tahun untuk haji reguler 204.000, sementara pendaftar mencapai 600.000 orang. Angka yang luar biasa. Satu sisi, besarnya jumlah calon jemaah haji ini menggambarkan tingkat perekonomian warga kita, khususnya kalangan muslim, serta kesadaran beribadah haji sebagai kewajiban bagi yang mampu.

Musim haji tahun ini, untuk Embarkasi Solo, sebanyak 34.861 calon haji asal Jawa Tengah dan DI Yogyakarta akan diberangkatkan. Rata-rata biaya haji yang dikeluarkan mereka Rp 35,2 juta/orang.

Secara keseluruhan, ada 218.151 jemaah haji Indonesia yang terbagi dalam 529 kelompok terbang (kloter) yang diberangkatkan secara bertahap. Gelombang I pada 7-19 Juli 2019 dan gelombang II pada 20 Juli-5 Agustus 2019.

Untuk jadwalnya, di antaranya, pada saat hari Tarwiyah, jemaah haji nantinya melakukan persiapan jelang berangkat ke Arafah pada 9 Agustus 2019. Kemudian, dilanjut dengan perjalanan wukuf di Arafah pada 10 Agustus 2019, melaksanakan ibadah shalat Idul Adha di Masjidil Haram pada 11 Agustus 2019. Selanjutnya, pada 12-14 Agustus 2019, jemaah haji melakukan serangkaian kegiatan di Mina, seperti Nafar awal, dan Nafar Tsani.

Dari sekian rangkaian pelaksanaan ibadah ini, yang selalu menjadi perhatian adalah berkait pelayanan. Pemerintah yang berperan dalam penyelenggaraan ibadah haji dituntut untuk melakukan perbaikan pelayanan.

Halaman
12
Penulis: moh anhar
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved