Tingkatkan SDM, Asosiasi Hotel di Jateng dan Jogja Gelar Pelatihan

Jogja and Central Java Hotels Association (JCJHA), menggelar pelatihan bertajuk “Training about Hospitality and Tourism,” di Hotel Laras Asri Resort a

Tingkatkan SDM, Asosiasi Hotel di Jateng dan Jogja Gelar Pelatihan
TRIBUNJATENG.COM/MNAFIUL HARIS
Direktur Hotel Laras Asri Resort and Spa Salatiga Bambang Kiswanto saat menyampaikan materi dalam pelatihan bertajuk “Training about Hospitality and Tourism,” di Hotel Laras Asri Resort and Spa Salatiga, Senin (29/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Menghadapi pesatnya persaingan industri pariwisata terutama menyangkut bisnis pelayanan perhotelan asosiasi hotel dari wilayah DIY dan Jawa Tengah yang tergabung dalam Jogja and Central Java Hotels Association (JCJHA), menggelar pelatihan bertajuk “Training about Hospitality and Tourism,” di Hotel Laras Asri Resort and Spa Salatiga, Senin (29/7/2019).

Wakil Ketua JCJHA Ilus Ruswati mengatakan pelatihan tersebut merupakan kegiatan rutin setiap tahun dengan mengangkat tema tertentu, berlaku juga bagi manager hotel meskipun telah memiliki banyak pengalaman. Menurutnya, ilmu perhotelan terus berkembang dan setiap pelayanan hotel mempunyai karakteristik berbeda.

“Itu yang membuat kami berpikir harus ada keberlanjutan sumberdaya manusia (SDM), ada generasi penerus lebih baik. Karena ilmu dan pengalaman yang diperoleh para senior ini tidak bisa kami nikmati sendiri tetapi harus dibagikan,” terangnya kepada Tribunjateng.com, di Hotel Laras Asri Resort and Spa Salatiga, Senin (29/7/2019)

Ilus menyampaikan dengan pelatihan yang berkelanjutan diharapkan muncul kader generasi mereka dengan minat bekerja pada bidang perhotelan akan memiliki kemampuan melayani tamu secara baik. Ia optimis, perubahan gaya hidup anak muda sekarang yang lebih suka bepergian dinilai potensi pasar positif bagi industri hotel kedepan.

Dia menambahkan, pada pelatihan kali ini menghadirkan sejumlah narasumber terkait dengan food and beverages diampu langsung Wiwid Suryanto Manager MesaStila Resort and Spa Magelang. Kemudian, posisi housekeeper disampaikan Suparlan Execuitive Housekeeper Grand Wahid Salatiga.

“Jadi kedua departemen itu sangat penting diketahui peserta yang mayoritas pelajar SMK perhotelan atau karyawan hotel magang. Pengelolaan resto, makanan, minuman seperti menghitung food cost, pelayanan sesuai standart bintang lima, pemeliharaan peralatan dan perlengkapan makan. Lalu, bagaimana menjaga kebersihan sampai teknik penggunaan chemical yang baik dan benar seperti apa,” katanya

Public Relationship JCJHA Julia SKB menjelaskan pelatihan yang berlangsung merupakan bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) JCJHA dengan sasaran anak sekolah perhotelan secara gratis. Meski demikian, sebagian peserta juga berasal dari karyawan atau staf hotel.

Julia menegaskan titik poin pelatihan yang ada ialah memberikan konseling praktik bekerja menjadi hotelier, mulai dari mengenali masalah serta penanganan karena dalam menghadapi tamu seringkali menjumpai kasus berbeda.

“Harapannya peserta akan mendapatkan pengetahuan dengan cara pandang berbeda sehingga memperkaya mereka ketika siap bekerja nanti. Total peserta berjumlah sekira 60 an orang rata-rata siswa sekolah perhotelan,” ujarnya

General Manager Hotel Grand Candi Semarang itu menyebut tantangan kemajuan teknologi seperti pemesanan tidak harus datang langsung atau menggunakan telepon sekarang cukup memanfaatkan aplikasi. Beberapa hal itu kata dia, juga menjadi materi yang disampaikan kepada peserta. (ris) 

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved