Janji Bupati Tegal Direalisasikan, Setiap Lansia Peroleh Rp 250 Ribu Tiap Bulan, Selama Tujuh Bulan

457 warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah akhirnya mendapat jaminan hidup dari Pemda setempat.

Janji Bupati Tegal Direalisasikan, Setiap Lansia Peroleh Rp 250 Ribu Tiap Bulan, Selama Tujuh Bulan
ISTIMEWA
Bupati Tegal Umi Azizah secara simbolis memberikan bantuan jaminan hidup ke salah satu warga lanjut usia (lansia), Rabu (31/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - 457 warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah akhirnya mendapat jaminan hidup dari Pemda setempat.

Pemberian program bantuan sosial ini diserahkan langsung Bupati Tegal Umi Azizah kepada ratusan lansia dalam Peluncuran Program Bantuan Sosial Jaminan Hidup Bagi Lanjut Usia, di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal, Rabu (31/7/2019).

Umi menyebut, selain bantuan yang berasal dari APBD ini, pihak pemerintah desa (Pemdes) pun diharapkan bisa mengalokasikan hal serupa lewat dana desa (DD).

Sebab, program itu diperuntukkan bagi lansia supaya mendapatkan perawatan dan perlindungan, termasuk mencukupi kebutuhan minimalnya, seperti fasilitas kesehatan.

"Dengan catatan, lansia itu memiliki kriteria yang sudah ditetapkan, salah satunya lansia tersebut sudah tidak ada yang mengurus atau sudah tidak mempunyai keluarga," ucap Umi.

Dia menuturkan, kriteria selanjutnya ialah lansia tersebut tidak memiliki penghasilan dan bergantung belas kasihan warga, termasuk tidak mendapatkan intervensi program apapun dari pemerintah.

Bagi Umi, keterbatasan inilah yang menjadikan negara perlu hadir untuk menjamin kesejahteraan sosial para warganya.

"Utamanya lansia tidak potensial yang nyata-nyata tidak berdaya dalam mencari nafkah sehingga hidupnya bergantung pada belas kasihan orang lain. Di sinilah program bantuan sosial jaminan hidup ini lahir," pungkasnya.

Umi menitip pesan untuk ikut serta memonitoring pelaksanaan program jaminan hidup lansia di lapangan, agar penyaluran bantuan tersebut tepat sasaran.

"Semoga tepat sasaran. Mohon para Kades dan Camat untuk memantau secara penuh penyaluran bantuan Jaminan Hidup Lansia ini," pesan Umi.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal, Nurhayati menyampaikan, sementara ini terdapat 457 lansia yang terdaftar menjadi penerima bantuan.

Nantinya, masing-masing lansia mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 250 ribu perbulan selama tujuh bulan ke depan.

Masing-masing lansia, lanjut Nurhayati akan didampingi wali atau pengasuh serta tenaga pendamping.

Satu pengasuh akan mengasuh sembilan orang lansia, sesuai domisili terdekatnya.

"Tugas pendamping lansia adalah mengurus serta memfasilitasi pelayanan lansia. Misalkan lansia itu sakit atau akan berobat, tugas pendamping menyiapkan berkas-berkas administrasi, sedangkan pengasuh lansia bertugas menyalurkan dana bantuan serta memantau dan memelihara lansia," jelasnya. (Akhtur Gumilang)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved