Laba Bersih PT Semen Indonesa Menurun Ratusan Miliar, Ini Sebabnya

PT Semen Indonesia membukukan kenaikan pendapatan sebesar 22,9 persen lebih besar pada semester pertama tahun 2018 lalu

Laba Bersih PT Semen Indonesa Menurun Ratusan Miliar, Ini Sebabnya
Istimewa
Petugas mengecek tumpukan semen sebelum dikirim ke pengguna. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - PT Semen Indonesia membukukan kenaikan pendapatan sebesar 22,9 persen lebih besar pada semester pertama tahun 2018 lalu.

Selama enam bulan pertama di tahun ini mereka telah mendapat pendapatan sebesar Rp 16,35 triliun. Hal itu disampaikan dalam press release kinerja keuangan semester satu.

Kepala Departemen Komunikasi PT Semen Indonesia Sigit Wahono menjelaskan meski pendapatan naik, namun ternyata tidak sebanding lurus dengan laba bersih yang diterima perusahaan.

"Laba bersih perseroan di semester satu tercatat Rp 485 miliar. Atau mengalami penurunan daripada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 971 miliar," tulis Sigit Wahono Rabu (31/7/2019).

Ia menyebut penurunan laba bersih ini disebabkan karena beban bunga pinjaman. Untuk itu, pihaknya akan melakukan beberapa upaya untuk menanggulanginya di semester dua.

"Melalui program integrasi, cost transformation, dan refinancing diharapkan kinerja keuangan perseroan akan meningkat," bebernya.

Salah satu yang sudah dilakukan dari tiga program tersebut adalah refinancing untuk menurunkan beban bunga pinjaman.

Sementara itu, dari sisi produksi, volume penjualan di luar PT Solusi Bangun Indonesia juga mengalami penurunan 5,8 persen menjadi 11,1 juta ton.

"Volume penjualan yang menurun itu juga seiring dengan melemahnya permintaan semen di Indonesia pada semester lalu kemarin," pungkasnya. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved