Prajurit Yonarhanud 15 Semarang Melakukan Uji Siap Tempur Hadapi Pesawat Musuh

Anggota TNI Yon Arhanudse 15 tingkat pleton melakukan uji siap tempur menjaga Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dan Kantor Gubernur Jateng.

Prajurit Yonarhanud 15 Semarang Melakukan Uji Siap Tempur Hadapi Pesawat Musuh
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Latihan Uji Siap Tempur Tingkat Pleton - Sejumlah anggota TNI tingkat Peleton Yonarhanud 15 TA 2019 melakukan latihan uji siap tempur di Lapangan Garnisun dan di Gedung Hotel MG Setos dalam mengaplikasikan doktrin operasi secara teknis maupun taktis khususnya dalam operasi pertahanan udara nasional. Latihan ini merupakan kelanjutan dari latihan taktis tingkat peleton yang sudah dilaksanakan sebelumnya, Rabu (31/7/2019). Peleton Yonarhanud 15 dengan Alutsista Meriam 57 mm dan Rudal Starstreak diharapkan mampu mengatasi segala jenis ancaman udara musuh demi tegak damainya langit biru kota Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Anggota TNI Yonarhanud 15 Semarang tingkat pleton melakukan uji siap tempur menjaga Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dan Kantor Gubernur Jawa Tengah, Rabu (31/7/2019).

Kegiatan untuk menguji kesiapan prajurit Yonarhanud 15 ini dilakukan di Lapangan Garnisun Kalisari Semarang, Hotel MG Setos, Hotel Getz dan Bank Danamon Semarang.

Danyon Arhanud 15/DBY Letkol Arh Muhammad Ufiz, menjelaskan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dan Kantor Gubernur Jawa Tengah merupakan objek vital yang perlu dijaga.

"Kedua obyek vital tersebut dalam perang modern pasti akan menjadi sasaran utama untuk dihancurkan terlebih dahulu oleh musuh menggunakan pesawat udara ataupun rudal jarak jauh sebelum induk pasukan musuh mendarat di kota semarang," bebernya.

Kisah Pasutri di Kota Semarang yang Lahirkan 3 Anak Kembar, Banyak Warga Ingin Adopsi

Saat melakukan uji siap tempur, peleton Yonarhanudse 15 menggunakan alutsista Meriam 57 mm dan Rudal Starstreak.

Rudal Startreak yang digunakan berjenis Manpads dan bisa dipanggul oleh prajurit. Maka rudal ini diletakkan di atas gedung dengan ketinggian tertentu.

"Ketangguhan rudal ini mampu menjangkau jarak maksimal 8 kilometer dari sasaran. Terlebih praktis bisa dipanggul karena dibagi menjadi tiga bagian," tambah dia.

Uji siap tempur ini merupakan kelanjutan dari latihan taktis tingkat peleton yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

Hal ini juga untuk menguji kesiapan prajurit Yonarhanud 15 tingkat peleton dalam mengaplikasikan doktrin operasi secara teknis maupun taktis.

"Khususnya dalam operasi pertahanan udara nasional. Diharapkan dalam uji siap tempur ini mampu mengatasi segala jenis ancaman udara musuh demi tegak damainya langit biru kota Semarang," pungkas Ufiz. (afn)

Penulis: faisal affan
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved