Bukan Gunakan APBD, Tapi Ini Cara PMI Kabupaten Pati Maksimalkan Bulan Dana PMI 2019

Bupati Pati Haryanto mengukuhkan kepanitiaan Bulan Dana PMI Kabupaten Pati 2019 di Ruang Penjawi Setda Kabupaten Pati, Kamis (1/8/2019).

Bukan Gunakan APBD, Tapi Ini Cara PMI Kabupaten Pati Maksimalkan Bulan Dana PMI 2019
ISTIMEWA
Bupati Pati Haryanto mengukuhkan kepanitiaan Bulan Dana PMI Kabupaten Pati 2019 di Ruang Penjawi Setda Pati, Kamis (1/8/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati Haryanto mengukuhkan kepanitiaan Bulan Dana PMI Kabupaten Pati 2019 di Ruang Penjawi Setda Kabupaten Pati, Kamis (1/8/2019).

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Sekretaris Daerah (Sekda) Suharyono, dan para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD).

Pembentukan panitia Bulan Dana PMI ini mengacu pada Keputusan Bupati Pati Nomor 400/2650 Tahun 2019.

"Pembentukan kepanitiaan tak lain untuk kelancaran dan ketertiban pelaksanaan Bulan Dana PMI di Kabupaten Pati," terang Haryanto sebagaimana dalam rilis Humas Setda Kabupaten Pati kepada Tribunjateng.com.

Keputusan ini, lanjutnya, berlaku mulai 22 Juli 2019.

Perbup tersebut sekaligus mengamanatkan anggota PMI untuk menyelenggarakan kegiatan pengumpulan dana dari masyarakat secara aktif dan tertib mulai 22 Juli sampai 21 Oktober 2019.

Usai melantik panitia, Haryanto yang juga merupakan Ketua PMI Pati menjelaskan, bulan dana bukan soal mencari bantuan dari satu-dua orang saja, melainkan tujuan utamanya adalah memupuk kepedulian pada sesama.

Sebab, lanjut Bupati, kepentingan sosial dan bencana yang kadang terjadi di sekitar merupakan tanggung jawab bersama.

"Kalau saya mau, bisa saja menganggarkan melalui APBD kemudian dimaksimalkan. Namun, yang diharapkan, bukan itu. Melainkan mengajak peran serta dari masyarakat," jelasnya.

Bila mengandalkan APBD, menurut Haryanto, bisa dipastikan tidak ada kepedulian dari OPD, masyarakat, dan semua unsur yang terkait.

Halaman
12
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved