Daftar Cetak E-KTP di Kabupaten Tegal Kini Bisa Melalui Ini, Layanan Digitalisasi Disdukcapil

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tegal mulai memutakhirkan layanan administrasi berbasis digital.

Daftar Cetak E-KTP di Kabupaten Tegal Kini Bisa Melalui Ini, Layanan Digitalisasi Disdukcapil
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Kepala Disdukcapil Kabupaten Tegal Supriyadi memperlihatkan layanan baru melalui website disdukcapil.tegalkab.go.id, Kamis (1/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tegal mulai memutakhirkan layanan administrasi berbasis digital.

Layanan itu secara mudah bisa digunakan warga Kabupaten Tegal melalui online untuk mengurus pengajuan cetak e-KTP dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Kini, warga tak perlu mengantre terlalu lama di Kantor Disdukcapil Kabupaten Tegal untuk memperoleh hasil jadi e-KTP karena akan ada pemberitahuan siap ambil melalui notifikasi di handphone.

Adapun website layanan administrasi kependudukan yang bisa diakses secara luas oleh warga Kabupaten Tegal ialah disdukcapil.tegalkab.go.id.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Tegal, Supriyadi menuturkan, pada website itu terdapat dua fitur layanan utama yang bisa dimanfaatkan warga.

Pertama, layanan e-KTP untuk mendaftar pengajuan cetak e-KTP bagi warga yang telah mengantongi Surat Keterangan (Suket) pengganti e-KTP.

Dalam fitur ini, kata Supriyadi, para pemohon pun bisa mengajukan pembaharuan (update) data dengan mengunggah sejumlah data dukung perubahan dari KK, e-KTP lama, dan sejenisnya.

"Update data bagi warga yang nama, tanggal lahir, status, atau semacamnya di instansi lain. Seperti di perbankan, BPJS, dan BPN. Itu instansi-instansi yang bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI," papar Andi, sapaannya, kepada Tribunjateng.com, Kamis (1/8/2019).

Kemudian kedua, layanan KIA untuk mendaftar pengajuan cetak KIA bagi anak-anak berusia dari 0-17 tahun.

Menurut Andi, setiap warga Indonesia saat ini wajib memiliki kartu identitas sehingga anak-anak pun harus terdata.

Halaman
12
Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved