Kenaikan Harga Cabai Membuat Jateng Terdampak Inflasi Tertinggi Selama Tiga Tahun Terakhir

Naiknya harga cabai menjadi penyumbang terbesar inflasi di Bulan Juli 2019 di wilayah Jateng.

Kenaikan Harga Cabai Membuat Jateng Terdampak Inflasi Tertinggi Selama Tiga Tahun Terakhir
Tribun Jateng/ Rival Almanaf
Perwakilan dari instansi pemprov mengikuti jumpa pers di lantai lima gedung BPS Jateng, (1/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Naiknya harga cabai menjadi penyumbang terbesar inflasi di Bulan Juli 2019 di wilayah Jateng.

Bahkan jika dibanding bulan yang sama di tahun-tahun sebelumnya inflasi 0,39 persen menjadi yang tertinggi.

Juli 2017 Jateng hanya mengalami inflasi 0,14 di tahun berikutnya justru turun 0,10 persen. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng, Sentot Bangun Widoyono menjelaskan dari 0,39 persen komoditas cabai memiliki andil hingga 0,26 persen.

"Disusul diperingkat ke dua yang memiliki andil terhadap inflasi bulan ini adalah dari komdoitas bahan makanan jadi sebesar 0,04 persen," terang Sentot dalam press release perkembangan inflasi di Jateng.

Jika dibandingkan dengan inflasi selama tahun kalender di Jateng sudah mencapai 2,04 persen. Sementara inflasi pada tahun lalu 2,81 persen.

"Makanya ini perlu jadi perhatian kita semua untuk pengendalian harga di bulan-bulan berikutnya. Karena sampai saat ini sudah 2,04 persen sedangkan pada tahun lalu hanya 2,81 persen," imbuh Sentot.

Sementara itu ada beberapa komoditas bahan makanan yang menjadi penekan laju inflasi karena harganya menurun. Sentot menyebut diantaranya adalah ayam, bawang merah, dan bawang putih.(*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved