Koperasi di Kabupaten Tegal Diminta Rangkul Milenial dan Bertransformasi

Koperasi di Kabupaten Tegal harus bisa bertransformasi pada pemanfaatan teknologi digital.

Koperasi di Kabupaten Tegal Diminta Rangkul Milenial dan Bertransformasi
Tribunjateng/gum
Saat Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie berada di acara Tasyakuran Hari Koperasi Nasional ke-72 di Dekopinda Tegal, Kamis (1/8/2019) pagi. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Koperasi di Kabupaten Tegal harus bisa bertransformasi pada pemanfaatan teknologi digital.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie, saat acara Tasyakuran Hari Koperasi Nasional ke-72 di Dekopinda Tegal, Kamis (1/8/2019) pagi.

Dia menuturkan, perkembangan teknologi informasi menyangkut persoalan mindset dan perubahan dalam sistem tata kelola.

Sehingga, Ardie meminta agar koperasi-koperasi yang ada di Kabupaten Tegal bisa mengembangkan platform e-commerce, aplikasi retail online, dan pengembangan aplikasi lainnya.

"Dengan begitu gerakan koperasi harus merangkul generasi milenial, yang saat ini jumlah mereka telah mencapai sepertiga dari totalitas penduduk Indonesia," kata Ardie

Dia menjelaskan, melalui gerakan koperasi ini, harapannya Indonesia mampu menjawab tantangan zaman dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya.

"Mari kita kobarkan semangat dengan menjadikan koperasi sebagai kekuatan bersama untuk memajukan pemerataan kesejahteraan masyarakat Indonesia," ungkap Ardie.

Ardie melanjutkan, Kementerian Koperasi dan UKM selama lima tahun ini telah melaksanakan reformasi total koperasi meliputi reorientasi, rehabilitasi, dan pengembangan.

Menurutnya, reorientasi adalah merubah mindset dari orientasi pada jumlah kuantitas menjadi mutu atau kualitas, sehingga kebijakan lebih diarahkan untuk memperkuat mutu koperasi.

Rehabilitasi sendiri adalah penguatan sistem database koperasi, sehingga hanya koperasi yang benar-benar terdata saja.

"Sementara pengembangan adalah meningkatkan kapasitas koperasi sebagai badan usaha berbasis anggota yang sehat, kuat, mandiri dan tangguh," cetusnya. (Tribunjateng/gum).

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved