Sambut HUT RI, Bendera Merah Putih Raksasa Dibentangkan di Lembah Sumilir Karanganyar

Menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-74, bendera merah putih raksasa berukuran 30x45 meter dibentangkan di Lembah Sumilir

Sambut HUT RI, Bendera Merah Putih Raksasa Dibentangkan di Lembah Sumilir Karanganyar
Tribun Jateng/ Agus Iswadi
Deklarasi pembentangan bendera merah putih berukuran 30x45 di Lembah Sumilir Desa Kemuning Kecamatan Ngargoyoso Karanganyar, Kamis (1/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-74, bendera merah putih raksasa berukuran 30x45 meter dibentangkan di Lembah Sumilir yang terletak di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Kamis (1/8/2019).

Sebelumnya, bendera merah putih raksasa itu dibawa dan diarak oleh rombongan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan TNI-Polri, serta para pelajar, perguruan silat dan warga sekitar dari Terminal Kemuning menuju Lembah Sumilir yang berjarak sekitar 2 kilometer.

Tatkala prosesi pembentangan bendera raksasa itu dimulai, seluruh peserta tampak menghadap ke bendera sembari memberikan hormat dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Turut hadir dalam mengawali acara peringatan HUT RI ke-74, Bupati Karanganyar dan Wakil Bupati Karanganyar, Juliyatmono-Rober Christanto serta jajaran Forkopimda dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Karanganyar.

Juliyatmono mengatakan, dari tahun ke tahun, inisiatif peringatan HUT RI dari warga Desa Kemuning sangat luar biasa.

"Kita angkat dan kita jadikan momentum mengawali peringatan HUT RI ke-74," katanya kepada para wartawan, Kamis (1/8/2019).

Ia mengungkapkan, keberagaman yang ada di Desa Kemuning, merupakan cermin dari kebinekaan.

"Spirit beragama kan selalu mengajarkan hal baik. Itu menjadi teladan soal kebinekaan. Mengisi dan memajukan Indonesia bisa dilakukan semua pihak. Keragaman dan kecintaan kita tunjukan di tempat ini. Dari Sumilir untuk Indonesia.

Pesan merah putih berbicara kepada kita semua. Ini lambang negara, kejayaan dan kehormatan. Mari kita kibarkan setinggi-tingginya," ungkap Bupati Karanganyar.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Kemuning, Widadi Nur Widyoko menyampaikan, apabila tahun lalu bendera berukuran 30x20 meter, untuk tahun ini berukuran 30x45 meter.

"Ini sudah kedua kalinya di Lembah Sumilir. Kalau tahun lalu di Bukit Sumber Sari," tuturnya.

Adapun, yang terlibat dalam acara ini sebanyak 3.400 peserta yang terdiri dari berbagai lapisan, seperti pelajar, mahasiswa, masyarakat setempat, TNI-Polri, Banser dan Ormas lain.

"Kami mengajak masyarakat, ingin menunjukkan kepada masyarakat luar, bahwa di Desa Kemuning inilah kami seluruh warga dari berbagai lapisan memperkuat rasa persatuan dan kesatuan, menjaga nasionalisme dan kebinekaan," terang Kades Kemuning.

Seusai pembentangan bendera merah putih, 100 pelajar menari sambil mengibaskan bendera merah putih yang mereka bawa.

Dari pantauan Tribunjateng,com, tampak warga sekitar turut menyaksikan pembentangan bendera merah putih berukuran raksasa yang sudah ketiga kalinya itu digelar di Kawasan Kemuning.(Ais)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved