Bupati Pekalongan Asip : Selama Mengering, Telaga Si Gebyar Mangunan akan Direvitalisasi

Menurutnya selama telaga itu kering, pemerintah akan membersihkan telaga dan memperkuat tebing di pinggir-pinggir telaga

Bupati Pekalongan Asip : Selama Mengering, Telaga Si Gebyar Mangunan akan Direvitalisasi
Tribunjateng.com/Indra Dwi Purnomo
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi meninjau lokasi Telaga Mangunan yang mengalami kekeringan, Kamis (1/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Bupati Pekalongan Asip Kholbihi meninjau secara langsung kondisi Telaga Sigebyar Mangunan di Desa Tlogohendro, Kecamatan Petungkriyono yang mengering.

Tinjauan itu dilakukan untuk melakukan observasi langsung kenapa telaga itu bisa kering pada musim kemarau tahun 2019 ini. Padahal, selama ratusan tahun telaga itu tidak pernah kekeringan.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengatakan telaga itu kering karena sumber airnya disedot dengan tiga pompa air besar untuk mengaliri lahan pertanian di wilayah pegunungan tersebut, dan sumber air yang masuk ke telaga ditutup oleh warga untuk kepentingan pertanian.

"Dengan kering seperti ini, nantinya air yang mengalir akan menjadi air yang bersih, jernih, sehingga ikan bisa tumbuh. Apabila bersih dan jernih bisa dijadikan wisata dalam air," kata Asip kepada Tribunjateng.com, Kamis (1/8/2019).

Menurutnya selama telaga itu kering, pemerintah akan membersihkan telaga dan memperkuat tebing di pinggir-pinggir telaga.

"Setelah pembersihan dan memperkuat tebing pinggir sungai, selanjutnya sumber airnya kita buka, sehingga airnya nanti akan bersih sekali," jelasnya.

Asip mengungkapkan setelah dilakukan pengembangan, Telaga Si Gebyar Mangunan akan dijadikan objek wisata millennial namun tidak meninggalkan karakter desa.

Pihaknya menjelaskan grand design revitalisasi Telaga Si Gebyar kembali kepada kondisi ekologi-hidraulik yang berorientasi pada danau alami yang ada.

Artinya, dalam pengelolaannya berangkat dari telaga alami, bukan berangkat dari filosofi reservoir atau kolam tandon bangunan teknik sipil-hidro.

"Nanti kita rancang pengembangan Telaga Si Gebyar dilengkapi wisata edukasi, agrowisata, cagar budaya dan kolam renang alami yang menggambarkan desa Telagahendro," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved