Kegigihan para Penyandang Disabilitas, Ikut Aktif dalam Ekspedisi Destana Tsunami

Tim Ekspedisi Destana Tsunami melibatkan kelompok penyandang disabilitas dalam setiap kegiatan sosialisasi dan mitigasi bencana

Kegigihan para Penyandang Disabilitas, Ikut Aktif dalam Ekspedisi Destana Tsunami
Tribunjateng.com/Permata Putra Sejati
Edy Supriyanto penyandang disabilitas menggunakan tongkat sebagai alat bantu berjalan saat mengikuti kegiatan bersih sampah di pantai Widarapayung, Cilacap pada Jumat (2/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP - Tim Ekspedisi Destana Tsunami melibatkan kelompok penyandang disabilitas dalam setiap kegiatan sosialisasi dan mitigasi bencana.

Hidup dalam kekurangan tidak menjadikan kelompok berkebutuhan khusus tersebut berkeluh kesah dan bergantung pada orang lain.

Seperti apa yang dilakukan oleh Edy Supriyanto tim 75 Propinsi Jateng yang aktif dalam setiap kegiatan Ekspedisi Destana Tsunami.

Orang-orang normal yang melihat aksinya mungkin akan merasa malu dengan semangat dan kegigihannya.

Mengumpulkan sampah di pantai dalam kegiatan bersih pantai, menjadi pemateri saat sosialisasi ke siswa-siswa SD, masuk ke pasar-pasar mengenalkan pentingnya sadar kebencanaan adalah aktifitasnya saat mengikuti ekspedisi.

Dia ingin menunjukan bahwa di tengah masyarakat ada orang-orang berkebutuhan khusus seperti dia yang bisa berbuat lebih jika mereka diberi kesempatan.

Apalagi jika hanya mengambil sampah, untuk ukuran orang normal pasti sangat mudah.

Hal itu dapat memotivasi orang lain, jika orang dengan berkebutuhan khusus seperti Edy saja mau dan mampu menjaga kebersihan pantai, apalagi orang normal.

"Intinya saya ingin menunjukan saya tidak lemah, meskipun dalam kondisi seperti ini bisa berbuat seperti orang normal," ujar Edy kepada Tribunjateng.com, Jumat (2/8/2019).

Salah satu point penting dalam ekspedisi Destana Tsunami adalah juga melibatkan kaum disablitas.

Halaman
12
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved